Home / Komunitas / Jalan Kaki 305,65 Kilometer Demi Pendidikan Anak-Anak Danau Toba
WOL Photo/Ist

Jalan Kaki 305,65 Kilometer Demi Pendidikan Anak-Anak Danau Toba

PARAPAT, Waspada.co.id – Togu Simorangkir, pendiri Yayasan Alusi Tao Toba akan berjalan kaki sejauh 305,65 Kilometer (JK 305,65K) mengelilingi Danau Toba di 7 Kabupaten. Aksi ‘baling’ (gila, red) Togu ini bertujuan untuk menggalang dana operasional bagi 8 sopo belajar (rumah belajar), 2 kapal belajar, dan 3 kreta baca (sepeda motor) yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba.

Aksi jalan kaki ini dilakukan untuk penggalangan dana bagi biaya operasional 2 Kapal Belajar, 8 Sopo Belajar (Rumah Belajar), dan 3 Kreta Baca yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba. Semua upaya membawa buku-buku bacaan berkualitas kepada anak-anak Indonesia di Danau Toba ini disebut sebagai Gerakan Tao Toba Membaca.

WOL Photo/Ist

Seperti yang dipaparkan oleh Togu Simorangkir dalam Upacara Pembukaan JK 305, 65K yang diselenggarakan di Pantai Bebas Parapat, Minggu (18/11).

“Aksi ini juga untuk menggugah banyak orang ikut terlibat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia di Danau Toba,” kata Togu.

Aksi penggalangan dana ini akan dilakukan selama beberapa hari (19-26/11) dengan rute Parapat – Silimbat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Dolok Sanggul – Simpang Tele – Panji – Sumbul – Merek – Saribu Dolok – Tiga Runggu – Tanjung Dolok – Parapat dengan perhitungan jarak:

– Merek – Bts. Karo/ Dairi ( 14,06 km) – Panji ( 29,81 km) – Bts.Dairi/Samosir ( 29,38 km)
– Bts.Dairi /Samosir – Dolok Sanggul ( 49,41 km) – Siborong Borong ( 28,48 km)
– Merek – Saribu Dolok ( 11,25 km) – Tanjung Dolok ( 57, 24 km) – Parapat (4,97 km)
– Parapat – Silimbat ( 45, 21 km) – Siborong Borong (35,84 km)

Setiap hari, selama perjalanan, akan ada aksi membagikan buku di beberapa desa yang dilalui. Jadi selain menggalang dana, aksi ini membawa buku-buku bacaan kepada anak-anak Indonesia yang belum tersentuh Gerakan Tao Toba Membaca serta mengkampanyekan ke wilayah yang dilalui agar mendirikan Sopo Belajar, Rumah Baca, Taman Baca, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Bergerak.

Azas Rifai perwakilan dari Literasi Nusantara (upaya mendukung para penggiat literasi dan mendorong kemajuan literasi di Indonesia yang digawangi oleh PT. Gramedia Asri Media) mengatakan bahwa Gramedia selalu mendukung setiap usaha yang dilakukan oleh para penggiat literasi di tanah air.

“Selain akan mendorong kemajuan literasi di tanah air, setiap upaya para penggiat literasi seperti Bang Togu akan menjadi inspirasi,” kata Azas. Literasi Nusantara mendukung sepenuhnya aksi penggalangan dana JK 305,65 K yang dilakukan oleh Togu Simorangkir.

Penggalangan dana dilakukan dengan mengajak setiap orang bedonasi untuk memastikan 8 Sopo Belajar, 2 Kapal Belajar, 3 Kreta Baca yang dikelola Alusi Tao Toba tetap memberikan manfaat kepada anak-anak Danau Toba. Target penggalangan dana yang diharapkan sebesar Rp305 juta.

“Gerakan ini bukan gerakan perorangan, kamu dan teman-teman bisa bergandengan tangan ikut ambil bagian dalam aksi ini. Mari bersama-sama kita menjaga mimpi anak-anak Danau Toba memiliki akses terhadap buku bacaan,” kata Togu Simorangkir.

“Silahkan kirim dukungan kamu ke rekening Yayasan Alusi Tao Toba. (Alusi Tao Toba, BNI Pematang Siantar, 0619088463) atau (Yayasan Alusi Tao Toba, Bank Mandiri KC Pematang Siantar, 107-00-0592909-8). Bukti transfer dikirim ke WA 08116218212,” jelasnya.

Acara pembukaan ini dimeriahkan dengan penampilan dari grup musik asli Parapat Mangarobuzz dan menyeduh kopi-kopi lokal Parapat secara langsung yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Pantai Bebas Parapat secara gratis. (wol/rls/ags/data2)

Editor: Agus Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: