_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Jadi Sarjana Belum Tentu Siap Kerja?
Ilustrasi

Jadi Sarjana Belum Tentu Siap Kerja?

WOL – Berhasil menyelesaikan studi dan meraih gelar sarjana ternyata tidak selalu berarti siap masuk ke dunia kerja. Menurut Riset Willis Tower Watson Indonesia, delapan dari sepuluh perusahaan di Indonesia mengaku kesulitan mendapatkan lulusan perguruan tinggi yang siap pakai.

Padahal, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan angka pengangguran sarjana di Indonesia meningkat dari 653.586 pada Agustus 2015 menjadi 695.304 orang pada Februari 2016.

“Salah satu penyebab lulusan perguruan tinggi di Indonesia sulit mendapat pekerjaan adalah belum memiliki skill yang dibutuhkan perusahaan,” ungkap Consultant Director Willis Tower Watson Indonesia, Lilis Hakim.

Skill merupakan modal awal untuk memasuki dunia kerja, menurut Lilis. Kemampuan digital, berpikir dalam banyak skenario, dan penguasaan bahasa asing juga merupakan bagian dari skill yang harus dimiliki.

Selain itu, skill berikutnya yang juga mendasar adalah komunikasi, terutama komunikasi tertulis, lanjut Lilis. Hal ini serupa dengan hasil riset dari National Association of Colleges and Employers (NACE) pada 2015.

Riset ini mendapati 70,2 persen dari 201 manajer yang menjadi respondennya mengaku mencari calon karyawan dengan mempertimbangkan kemampuan komunikasi tulisan.

Pendiri perusahaan konsultasi bisnis Basecamp, Jason Fried juga menyatakan, kemampuan menulis juga berkorelasi dengan kemampuan menyederhanakan persoalan rumit sehingga bisa dimengerti banyak orang.

“Orang dengan kemampuan menulis baik, umumnya juga mampu memosisikan diri pada posisi orang lain, jadi bisa mencairkan suasana tegang,” ucap Fried. (kompas/sari/data3)

Check Also

Sekda Berharap Peran PW Prika Kurangi Pengangguran

MEDAN, Waspada.co.id – Persatuan Wredatama Prima Karya (PW Prika) Sumatera Utara yang beranggotakan para pensiunan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.