Home / Aceh / Investor Korsel Siap Kembangkan Bisnis Agrowisata dan Perhotelan di Gayo Lues
Kadis Pertanian Noval SP bersama President Director Royal Puri Global, Han Sook Lee, beserta rombongan di Kedah, salah satu lokasi Wisata Tracking di Gayo Lues, Rabu (9/8). (WOL Photo/Bustanuddin)
Kadis Pertanian Noval SP bersama President Director Royal Puri Global, Han Sook Lee, beserta rombongan di Kedah, salah satu lokasi Wisata Tracking di Gayo Lues, Rabu (9/8). (WOL Photo/Bustanuddin)

Investor Korsel Siap Kembangkan Bisnis Agrowisata dan Perhotelan di Gayo Lues

GAYO LUES, Waspada.co.id – Pengusaha Asal Korea Selatan, President Director Royal Puri Global, Han Sook Lee beserta tim ahlinya Park Jhoung Shoung, mengunjungi ‘Negeri Seribu Bukit’ Gayo Lues, yang rencananya akan berinvestasi di kabupaten tersebut, Rabu (9/5).

WOL Photo/Bustanuddin
WOL Photo/Bustanuddin

Turut mendampingi Kadis Pertanian dan Perkebunan Gayo Lues Noval SP, yang memberi keterangan kepada Waspada.co.id, Jum’at (11/5), via selular, mengatakan kunjungan perdana  tersebut hanya pada tahap survei pendahuluan. “Ini dilakukan terhadap wilayah yang pernah ditawarkan pemerintah daerah beberapa bulan yang lalu,” sebutnya.

Pengusaha asal Korsel ini ingin mengembangkan usaha dalam bidang pertanian sampai dengan pengolahannya serta agrowisata. Mereka juga tertarik mengembangkan usaha dalam bidang perhotelan. “Suatu saat jika program ini berjalan mereka akan membangun hotel juga,” jelasnya.

Disamping itu, program yang ditawarkan adalah pola kerjasama saling menguntungkan, dengan pengaturan tenaga kerja 60-40 %, untuk tenaga kerja lokal 60 persen dan tenaga asing (luar negeri) 40 persen.

“Sebelum menetapkan lokasi yang akan digunakan, terlebih dahulu mereka meninjau lokasi di beberapa titik, seperti lahan pertanian Kampung Reko, Kecamatan Dabun Gelang dan lahan pertanian Kampung Penosan, Kecamatan Kuta Panjang,” jelas Noval.

President Director Royal Puri Global, Han Sook Lee, menyampaikan bahwa kedatangannya yang pertama ini menyahuti tawaran Pemerintah Gayo Lues, saat pejabat pemerintah setempat berada di Korea Selatan beberapa bulan lalu, untuk melakukan investasi di bidang pertanian, peternakan dan pariwisata.

“Ini untuk pertama kalinya kita datang ke Kabupaten Gayo Lues sebelum berinvestasi, saat ini terlebih dahulu kita kumpulkan sejumlah data-data tentang lahan pertanian di Kabupaten Gayo Lues dan kita pelajari dulu masalah prospeknya dan lain-lain yang menurut kami urgens dan patut dianalisis,” jelas Han Sook Lee.

Dikatakan, jika nanti keberadaan lahan di Gayo Lues sudah sesuai dengan kriteria yang diinginkan, maka dalam waktu dekat ini, perusahannya akan mengadakan presentasi dan kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues serta membuat MoU. “Kita akan sepakati dulu dengan rekan-rekan saya, dan jika cocok nanti, kita akan secepatnya kembali datang ke Gayo Lues,” jelasnya lagi.

Jika MoU sudah disepakati, pihaknya akan memberikan fasilitas berbagai alat pertanian yang modern dan super canggih, serta memanfaatkan putra daerah untuk bekerja dengan perusahanannya, dan akan mendidik petani Gayo Lues  menjadi petani modern. “Itu tujuan kita, ingin berbagi ilmu tapi dengan cara canggih ala Korea Selatan,” tambahnya.

Dalam bidang peternakan, pihaknya juga akan berencana berinvestasi sapi perah untuk pengolahan susu dan memasarkannya dalam bentuk kemasan (Brand). Begitu juga dengan komoditi pertanian lainnya seperti stroberi, kentang, cabai dan tanaman perkebunan.(wol/bus/data2)

Editor: M Agus Utama

Check Also

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Gayo Lues Ridwansyah, SP didampingi Ka.BNNK Gayo Lues Drs.Samsul Bahri, saat menyerahkan alat- alat Pertanian, kepada sejumlah Petani Kopi yang mengikuti Life Skill di Blangkejeren Kamis (15/3).WOL Photo/Bustanuddin

Program GDAD: BNNK dan Dinas Pertanian Latih Warga Tanam Kopi

BLANGKEJEREN, WOL – BNN kerjasama dengan Dinas Pertanian Bidang Perkebunan Kabupaten Gayo Lues mengadakan Life ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.