Home / Ragam / Kesehatan / Inilah yang Terjadi Saat Perut Merasa Kenyang
Ilustrasi

Inilah yang Terjadi Saat Perut Merasa Kenyang

WOL – Demi kesehatan, Islam menganjurkan untuk makan sesudah lapar dan berhenti sebelum kenyang. Tapi, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana mekanisme otak dan tubuh saat seseorang merasa kenyang?

Pertanyaan ini awalnya muncul di platform tanya jawab profesional Quora yang lantas diulas laman Medical Daily. Suzanne Sadedin, penyandang gelar doktor di bidang Biologi Evolusioner, mengatakan bahwa keingintahuan sederhana tersebut punya jawaban yang kompleks.

Sadedin menjelaskan, sistem pencernaan akan menginformasikan kepada otak saat sudah merasa kenyang. Yang menakjubkan, usus dikelilingi oleh jaringan saraf sangat besar (sekira 400-600 juta neuron) yang berfungsi menganalisis kondisi pencernaan dan berkomunikasi dengan otak.

Jaringan yang sering dijuluki ‘otak usus’ oleh para ilmuwan tersebut turut mengatur ekosistem internal dan mikrobiota usus. Para mikroba itu mengeluarkan sinyal kimia untuk mempengaruhi suasana hati dan nafsu makan melalui otak usus.

Ketika perut kosong, usus akan mengeluarkan hormon ghrelin untuk membuat Anda lapar dan meningkatkan aktivitas dopamin yang menyebabkan termotivasi untuk makan. Selagi Anda makan, lapisan usus berhenti mensekresi ghrelin dan mulai mensekresi serotonin yang menekan produksi dopamin sehingga membuat Anda ingin berhenti makan.

Sementara, ada wilayah pada otak yang disebut hipotalamus dan bertugas mengontrol nafsu makan. Keputusan otak tersebut juga dipengaruhi sistem lain seperti saraf vagus, tingkat hormon, asam lemak dan amino, sistem limbik yang mengatur emosi, dan bagian utama otak yang disebut cerebral cortex.

Hipotalamus mengintegrasikan sinyal dari semua sistem itu lantas memutuskan bagaimana harus bereaksi saat perut kenyang. Tanggapan yang ada termasuk mengeluarkan serotonin serta merangsang tiroid, hipofisis, dan kelenjar adrenal yang pada gilirannya mengeluarkan sejumlah hormon lain untuk mengatur suasana hati dan perilaku. (republika/ags/dev/data2)

Check Also

4 Fakta Program Bayi Tabung yang Mungkin Tidak Dikatakan Dokter

  BANYAK pasangan suami istri yang mengikuti program kehamilan seperti bayi tabung untuk segera mendapatkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: