Home / Ragam / Kesehatan / Inilah Waktu Ngopi yang Ideal
Ilustrasi

Inilah Waktu Ngopi yang Ideal

WOL – Siapa yang tak terbangkit semangatnya mencium wangi aroma kopi di pagi hari. Bagi pecinta kopi, secangkir kopi hangat saat sarapan mampu meningkatkan semangat sebelum mulai beraktivitas. Bahkan bagi sebagian orang, kopi menjadi sarapan itu sendiri. Ada juga yang lebih suka minum kopi saat sore atau bahkan malam hari. Namun, apakah aman minum kopi di waktu-waktu tersebut?

Lalu, kapan ya waktu terbaik minum kopi?

Menurut penelitian yang dilansir dari health.com, waktu minum kopi terbaik adalah saat jam 9 pagi hingga setelahnya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan ritme biologis manusia sepanjang hari dan mencocokkan komposisi dan kandungan kopi yang paling bermanfaat di tubuh pada saat kapan, dan ditemukan lah bahwa tubuh mengambil manfaat paling besar dari kopi saat jam 9 pagi hingga setelahnya.

Tingkat kewaspadaan dan konsentrasi tubuh sebagian besar dikendalikan oleh hormon kortisol dan tingkat paling tinggi hormon kortison berada pada kisaran jam 8 hingga jam 9 pagi. Minum kopi saat jam-jam ini akan meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Namun, harus diwaspadai efek minum kopi (tingkat konsentrasi dan kewaspadaan) pada jam tersebut bisa berbeda-beda pada tiap orang.  Ada banyak faktor yang memengaruhi hal ini, seperti aktivitas sehari-hari, pola tidur dan usia. Jadi, minum kopi atau energy drink pada saat produksi hormon kortisol tinggi, akan sangat baik dalam meningkatkan level konsentrasi dan kesadaran diri.

Nah, bila Anda terbiasa bekerja pada malam hari dan tidur saat pagi hingga siang hari, cobalah temukan sendiri kapan saat-saat terbaik minum kopi untuk meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi Anda. Tapi, saran kami tentu akan lebih baik jika Anda mengikuti ritme biologis tubuh yang normal agar lebih sehat. Sehat itu mahal lho.

Check Also

Koleksi Jaket dan Kostum Asian Games 2018

MENYAMBUT semangat olahraga, berbagai jaket dan baju dengan logo maupun maskot Asian Games 2018 menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: