Home / Ragam / Kesehatan / Inilah di Antara Manfaat Berjalan Kaki
Istimewa

Inilah di Antara Manfaat Berjalan Kaki

WOL – Tahukah anda, sebuah penelitian dari Stanford University telah membuktikan bahwa orang Indonesia ternyata paling malas berjalan kaki.

Faktanya, Indonesia menempati posisi terbuncit dengan catatan 3.513 langkah per harinya. Sementara, orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Rata-rata orang Hong Kong berjalan kaki yaitu sebanyak 6.880 langkah setiap hari.

Terlepas dari hasil survei tersebut, ternyata kegiatan berjalan kaki menyimpan banyak manfaat untuk tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Berjalan kaki dapat melindungi tubuh selama musim hujan dan flu. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan, orang yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari selama 5 hari dalam seminggu lebih jarang jarang sakit.

Mengurangi resiko kanker
Berjalan kaki juga memberi perlindungan untuk wanita dari risiko kanker payudara. Sebuah studi di American Cancer Society menemukan bahwa, wanita yang berjalan kaki 7 jam per minggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah dari wanita yang berjalan 3 jam per minggu.

Mengurangi demensia
Orang tua yang berjalan sejauh 11 km per minggu, cenderung terhindar dari penyusutan otak. Berjalan kaki juga dapat meningkatkan daya ingat.

Mengurangi konsumsi makanan manis
Studi dari University of Exeter menemukan bahwa, berjalan kaki selama 15 menit dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi cokelat. Penelitian terbaru juga menegaskan bahwa berjalan kaki bisa mengurangi nafsu makan dan mengurangi keinginan makan aneka makanan manis.

Mengurangi nyeri sendi
Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan kaki dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan arthritis. Selain itu juga dapat melindungi sendi, terutama lutut dan pinggul yang paling rentan terhadap osteoarthritis. Berjalan kaki juga membantu untuk melumasi sendi dan membentuk otot.

Demikian beberapa manfaat dari jalan kaki yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Nah, mulai hari ini, biasakanlah untuk berjalan kaki, setidaknya 20 menit sehari, selama 5 hari dalam seminggu. (covesia/git/data1)

Check Also

Ayo! Ikut Santai Bersama DJOSS

MEDAN, Waspada.co.id – Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus mengajak warga ikut dalam jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: