Home / Ragam / Kesehatan / Inilah Alasan Pentingnya Bangun Pagi
Istimewa
Istimewa

Inilah Alasan Pentingnya Bangun Pagi

WOL – Para peneliti dari Universitas Leipzig menyimpulkan, orang yang rajin bangun pagi lebih proaktif daripada mereka yang suka begadang. Hanya saja, bangun pagi bukan semata-mata bangun lebih dahulu dari orang lain, namun memiliki pola pikir positif dan melakukan hal-hal penting sebelum orang lain melakukannya.

Dikutip dari Independent berikut adalah enam ritual pagi yang mungkin tampak sulit untuk diadopsi, namun pada akhirnya akan mendapaykan manfaat besar, jika konsisten menjalannya. Pertama, buatlah rencana malam sebelumnya. Ini bukan ritual pagi, tapi kebiasaan yang pasti kondusif untuk rutinitas pagi yang produktif.

Jadi, pastikan untuk mempersiapkan diri untuk pagi yang sukses dengan membuat rencana kegiatan malam sebelumnya. Langkah tersebut cukup membantu untuk mengetahui semua yang dibutuhkan untuk hari yang tertata dan siap untuk pergi saat bangun tidur.

Kedua, bangunlah pagi-pagi sekali. Dalam sebuah jajak pendapat terhadap 20 eksekutif yang dikutip oleh Laura Vanderkam, seorang ahli manajemen waktu dan penulis ‘Apa yang Paling Banyak Orang Lakukan Sebelum Sarapan’, 90 persen mengatakan mereka bangun sebelum pukul 6 pagi pada hari kerja. CEO PepsiCo Indra Nooyi, misalnya, bangun pukul 4 dan berada di kantor paling lambat 7.

CEO Disney Bob Iger bangun jam 4.30 untuk membaca. CEO Twitter Jack Dorsey sudah jam 5:30 untuk pergi jogging. Intinya, pagi hari produktif dimulai dengan panggilan bangun pagi.

Ketiga, mulailah hari dengan berolahraga. Ada manusia super di antara kita yang mendambakan latihan sebelum matahari terbit. Tetap saja, untuk orang lain, terbangun di waktu fajar untuk berkeringat dan latihan mungkin tidak terdengar ideal.

Tapi pagi hari mungkin waktu yang ideal untuk berolahraga. Beberapa orang tersibuk di dunia dapat menemukan waktu untuk berolahraga. Vanderkam mencatat, CEO Xerox Ursula Burns menjadwalkan sesi pelatihan pribadi selama satu jam pada pukul 6 pagi dua kali sepekan..

Presiden AS Barack Obama memulai setiap hari dengan latihan kekuatan dan kardio, sementara CEO Twitter Jack Dorsey melakukan tiga pengulangan latihan tujuh menit, ”Orang-orang ini sangat sibuk. Jika mereka meluangkan waktu untuk berolahraga, itu pasti penting,” kata Vanderkam.

Keempat, tangani proyek prioritas tinggi. Masa tenang di pagi hari bisa menjadi waktu yang ideal untuk fokus pada proyek kerja yang penting tanpa terganggu. Vanderkam mencontohkan, ahli strategi bisnis yang menangani begitu banyak pertemuan dan gangguan sementara sepanjang hari, sehingga dia merasa tidak dapat menyelesaikan apapun.

Dia mulai memikirkan pagi-pagi sekali dan memilih proyek prioritas utama setiap hari untuk dipusatkan.

Kelima, bekerja di antara hiruk-pikuk. Proyek sampingan Anda mudah dilewati saat Anda berada dalam pertemuan sepanjang hari, lelah dan lapar, dan harus mencari tahu apa yang harus makan malam.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang sukses memasang satu jam atau lebih untuk proyek pribadi mereka, sebelum mereka memulai hari-hari mereka secara resmi. Seorang guru sejarah di University of Chicago mengatakan kepada Vanderkam, dia menghabiskan waktu antara pukul 06.00 dan 09.00, untuk mengerjakan sebuah buku tentang politik religius Afrika Barat.

Dia bisa membaca artikel jurnal dan menulis beberapa halaman sebelum membahas tanggung jawab mengajarnya. Dengan mengukir waktu di pagi hari untuk menulis, dan membuatnya menjadi kebiasaan, dia bisa menindaklanjutinya. Dia bukan perusahaan yang buruk.

Terakhir, menikmati kesunyian. Jika Anda selalu terburu-buru di pagi hari, sulit membayangkan bisa meluangkan waktu untuk memiliki saat yang sepi. Tapi cobalah untuk menyediakan beberapa menit untuk perenungan di awal setiap hari. Anda dapat menggunakan saat-saat damai untuk berdoa, bermeditasi, membayangkan kesuksesan masa depan Anda, atau merenungkan apa yang Anda syukuri, apa pun yang sesuai untuk Anda. (republika/ags/data1)

Check Also

WOL Photo

Pemprovsu Siap Dukung Pembinaan Olahraga

MEDAN, WOL – Pembinaan olahraga merupakan satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi generasi muda ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.