Home / Fokus Redaksi / Inilah 70 Ribu Umat Rasulullah Yang Masuk Surga Tanpa Hisab
Ilustrasi

Inilah 70 Ribu Umat Rasulullah Yang Masuk Surga Tanpa Hisab

Waspada.co.id – Tahukah kita, bahwa di antara umat Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi wasallam, ada terdapat golongan umat yang akan masuk surga tanpa hisab.

Apa yang tidak mungkin bagi Allah bila Allah sudah berkehendak? Kun fayakun (maka jadilah). Sosok pemimpin yang hasil pencitraan saja mudah bagi Allah untuk menjatuhkan dan mempermalukan sedemikian rupa tanpa rakyat yang kerja keras menurunkan.

Ya, tawakal. Balasan Allah bagi orang yang mempunyai tawakal tinggi sungguh tak tanggung-tanggung. Mereka akan masuk surga tanpa hisab. Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Akan masuk surga dari umatku 70 ribu orang tanpa hisab.” Para sahabat bertanya: “Siapakah mereka itu, ya Rasulullah?” Rasul menjawab: “Mereka adalah orang-orang yang tidak menggunakan jampi, tidak bertathoyyur (bersikap pesimis karena sesuatu), tidak melakukan kay (berobat dengan besi yang dipanaskan) dan kepada Allah mereka bertawakal”. (HR.Muslim)

Sementara itu, Mufassir Ibnu Katsir menjelaskan tentang hakikat tawakal:

“Mereka adalah orang-orang yang tidak mengharapkan, menuju, berlindung, memohon bantuan dan mencintai kecuali hanya karena Allah semata. Mereka tahu bahwa apa yang dikehendaki takkan terjadi. Dialah yang mengatur kekuasaan-Nya, tidak ada sekutu bagi-Nya dan tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya dan Dialah yang Maha Cepat hisab-Nya”.

Said bin Jubari pernah mengatakan: “Tawakkal kepada Allah merupakan puncak keimanan.”

Begitulah. Mudah bagi Allah untuk memasukkan kita ke surga tanpa hisab. Wallahualam. (bersamadakwah/ags/data1)

Check Also

8 Hal Penghalang Rezeki

Waspada.co.id – Rezeki memang penuh teka-teki. Sering kali perputarannya di luar logika dan daya manusia. Sebagian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: