Home / Ragam / Kesehatan / Ini Tandanya Cara Bernafas Yang Salah
Istimewa

Ini Tandanya Cara Bernafas Yang Salah

WOL – Bernapas adalah kemampuan yang sudah dimiliki manusia sejak lahir. Namun, ternyata bernapas bisa juga salah kalau kita menghirup udara dengan tidak beraturan.

Nah, ketika napas tidak benar, tubuh akan memberi beberapa pertanda. Apa saja tanda itu? Simak ulasannya:

Sering menguap
Sering menguap bukan saja menandakan datangnya rasa kantuk. Namun, menguap dalam intensitas tinggi, juga bisa menandakan cara bernapas yang salah. Penyebab seringnya menguap, adalah karena napas yang dangkal dan cenderung pendek. Untuk itu, perbaiki cara napas dengan melakukan napas panjang dan mengembuskannya perlahan.

Mengunyah saat tidur
Sering terganggu dengan teman atau saudara yang kerap mengeluarkan suara seperti mengunyah gigi di kala tidur? Jangan salahkan postur gigi dan mulutnya, karena penyebab hal ini adalah kesalahan pada cara bernapas. Kecenderungan ini, juga terkait gejala stres yang terjadi. “Stres memengaruhi 40 persen risiko mengalami gangguan ini,” ujar salah satu peneliti.

Kram pundak dan leher
Kesalahan pada cara bernapas, juga bisa memengaruhi kerja otot pada bagian pundak dan belakang leher. Hal ini karena, pada saat Anda bernapas, otot pada bagian leher juga akan ikut bergerak dan tertarik. Maka bila cara bernapas Anda memiliki gangguan, otot pada bagian leher dan pundak juga akan terganggu dan memberikan efek seperti kejang otot dan kram.

Mudah lelah
Bila napas tak beraturan, salah satu dampak yang terjadi adalah mudah lelah. Hal ini tentunya akan mengganggu keseharian tanpa Anda sadari. Untuk itu seimbangkanlah napas dengan olahraga rutin yang bisa mengatur napas dengan baik dan benar.(viva/data1)

Check Also

Pemprovsu Serius Jajaki Kerjasama dengan Jepang

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) serius menjajaki kerjasama dengan Jepang. Terutama untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: