Home / Ragam / Kesehatan / Ini Penyakit Yang Renggut Nyawa John McCain

Ini Penyakit Yang Renggut Nyawa John McCain

Waspada.co.id – Sebuah berita duka datang dari benua Amerika, seorang tokoh politik senior Amerika Serikat John McCain meninggal di usia 81 tahun, Minggu (26/8). Ia diketahui menderita glioblastoma, kanker otak yang agresif.

Sejak awal tahun ini, McCain sudah tidak pernah terlihat di Washington. Belakangan, ia bahkan menghentikan segala bentuk pengobatan penyakitnya itu.

Glioblastoma tidak seperti tumor otak pada umumnya yang dimulai dari tubuh kemudian menyebar ke otak, penyakit ini justru terbentuk dari sel berbentuk bintang di otak, yang disebut dengan astrosit.

Mengutip CNN.com, Asosiasi Tumor Otak Amerika Serikat menyebutkan gelaja peyakit ini meliputi sakit kepala, mual, muntah, hingga kejang.

Selain itu gelaja penyakit ini bisa mengakibatkan sebagian tubuh lumpuh, kesulitan berbicara, hingga gangguan daya pandang seseorang. Semua gejala ini bergantung dari lokasi tumor tersebut.

Seorang dokter yang terut terlibat menangani John McCain, Dr Sanjay Gupta mengatakan tidak ada penanganan yang spesifik untuk penyakit ini.

“Glioblastoma adalah kanker yang sangat jahat, artinya harus dioperasi sesegera mungkin,” ujarnya seperti yang dikutip dari CNN, Minggu (26/8).

“Penyakit ini harus ditangani dengan serius dengan kemoterapi dan radiasi.”

Ketika kanker berkembang dengan sangat cepat, Gupta menambahkan, ini berarti selnya sedang menjalar dan mulai menyerang bagian yang lainnya melalui aliran darah.

Menurut asosiasi tumor otak Amerika Serikat tidak ada waktu baku terkait penangannya glioblastoma, namun biasanya berkisar antara 14 bulan hingga tiga tahun.

Berdasarkan hasil penelitian asosiasi tumor otak Amerika Serikat tahun 2009, sekitar 10 persen penderita Glioblastoma memiliki kesempatan hidup lima tahun atau lebih lama jika ditangani dengan cepat dan tepat.(cnn/ags/eli)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: