_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Ini Kiat Memilih dan Memotong Nanas dengan Tepat
Nanas kaya vitamin C (Foto: Boldsky)

Ini Kiat Memilih dan Memotong Nanas dengan Tepat

agregasi
agregasi

 

MENGONSUMSI buah-buahan secara rutin setiap harinya, bukan rahasia lagi memang dapat mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang punya vitamin baik untuk tubuh, misalnya buah nanas yang selain segar juga kaya akan vitamin C, yang baik untuk daya tahan tubuh sehari-hari.

Namun,mungkin bagi sebagian orang agak enggan rasanya untuk mengonsumsi buah nanas. Salah satu alasannya bisa jadi karena tak tahu cara memilih buah nanas yang baik itu seperti apa, sekaligus pusing memikirkan cara memotong buah nanas yang dianggap rumit.

Padahal dengan mengetahui kiat yang tepat dalam memilih buah nanas sekaligus cara mudah dan benar dalam memotongnya. Mengonsumsi buah nanas tak lagi menjadi “pekerjaan rumah” yang berat. Seperti apa kiatnya? Melansir Ndtv, Sabtu (4/8/2018) berikut uraian tips memilih dan memotong buah nanas yang baik dan tepat.

A) Kiat membeli buah nanas

1. Pilih buah nanas yang punya tampilan exterior segar, berat secara ukuran dan aroma tropis segar sekaligus manis di ujung batangnya. Lihat juga bagian mahkotanya, warna hijau di bagian mahkota nanas mengindikasikn kesegaran buah nanas itu sendiri.

2. Hindari memilih nanas yang punya tampilan kulit keriput, ini adalah tanda bahwa buah tersebut masa “keemasannya” telah terlewati dan terlalu tua untuk dibeli.

3. Tekan-tekan bagian kulitnya, jika bagian kulitnya terasa terlalu lembut dan kenyal. Sebaiknya jangan dibeli, karena itu tanda bahwa kualitas buah telah memburuk.

4. Jangan pernah membeli buah nanas yang sudah ada bercak jamur.

5. Pilih nanas yang secara ukuran jauh lebih besar dibanding nanas lainnya. Mengapa? Karena ketika dipotong, sebagian besar eksterior luar buah akan dibuang. Itulah kenapa buah nanas yang ukurannya lebih besar dan tebal akan menyediakan daging buah yang lebih banyak untuk dimakan.

6. Perhatikan daun yang melekat pada nanas, semakin tua daunnya maka menunjukkan semakin tua pula usia buah nanas itu sendiri. Maka dari itu, cari buah nanas yang berdaun segar.

nanas

B) Kiat memotong buah nanas

1) Letakkan nanas di atas meja, ambil pisau lalu potong bagian atas dan bawah buah nanas untuk membuat buah mempunyai alas dasar yang datar.

2) Tempatkan buah di bagian bawahnya, potong bagian samping dari atas hingga bawah. Ukuran ketebalan kulit yang dikupas kurang lebih harus sekira satu sampai dua inci. Hati-hati jangan sampai daging buah ikut terpotong.

3) Kupas semua bagian kulit di sekeliling buah, dengan menggunakan gerakan menggergaji. Pastikan hanya bagian mata buah (bintik hitam) yang tersisa.

4) Potong bagian mata buah dari daging buah, namun pastikan Anda tidak memotong membuang kebanyakan bagian daging buah.

nanas

5) Begitu bintik hitam sudah dibuang, baru potong daging buah dengan bentuk sesuai selera, dan daging buah nanas siap dikonsumsi.

适适

Check Also

Memajukan Dunia eSports, First Media Hadirkan Ini

Waspada.co.id – Games saat ini menjadi salah satu gaya hidup sebagian orang, PT Link Net ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.