Home / Ragam / Gaya Hidup / Ini Bentuk Baru Omurice, Nasi Goreng Telur yang Viral
Omurice nasi goreng telur dari Jepang

Ini Bentuk Baru Omurice, Nasi Goreng Telur yang Viral

SETIAP negara dan kebudayaan punya sajian khas makanan khasnya. Jika di Indonesia ada nasi goreng telur, maka di Jepang ada yang namanya Ommelette Rice atau biasa dikenal Omurice. Paduan antara omelet telur dan nasi ini memang cukup mirip dengan nasi goreng telur biasa, perbedaan hanya pada bentuk penyajiannya saja.

Seperti yang kita ketahui, Omurice disajikan dengan nasi yang terbungkus dengan telur. Namun, kini Omurice hadir dalam bentuk sajian yang berbeda yaitu nasi gorengnya diselimuti dengan telur dadar.

Seperti yang diunggah oleh akun instagram @kuliner.mantul ini, sajian omurice ini tampak sangat menggugah selera. Nasi goreng yang ditata sedemikian rupa tersaji dalam sebuah piring. Telur dadar atau omelet yang masih panas kemudian diletakkan di atasnya. Unggahan yang menggugah selera ini pun sudah ditonton lebih dari 260 ribu sejak diposting beberapa hari lalu.

Lantas, apa menariknya dari sebuah nasi goreng dengan telur dadar di atasnya? Omurice menyajikan telur dadar yang berhasil menyeimbangkan diri di atas nasi goreng. Dengan akurasi juru masak yang tepat membuat hidangan ini sangat unik di mata para pecinta kuliner.

Yang membuat omurice ini sangat spesial adalah ketika omelet tersebut dibelah dengan pisau, bagian luar omelet akan terbuka dan bagian dalam telur yang masih setengah matang pun akan terlihat dengan jelas serta menutupi seluruh nasi goreng di bawahnya.

Inovasi penyajian ini diciptakan oleh koki asal Jepang, Motokichi Yukimura yang dijual di restoran Kichi Kichi yang berlokasi di Kyoto. Omurice ini benar-benar banyak disukai para pencinta kuliner, terbukti restoran yang selalu ramai pengunjung. Tak sedikit pula yang mengabadikan momen memasak sang koki yang menghibur dan memukau.

Inovasi telur yang menyelimuti nasi goreng ini terbilang cerdas, pasalnya untuk membuat tekstur telur yang berbeda antara luar dan dalam sangatlah sulit. Namun, jika Anda ingin menikmati Omurice dan belum bisa membuat Omurice ala koki Motokichi Yukimura, Anda bisa lho mencoba membuat Omurice dengan tampilan sajian klasiknya yang dibungkus telur. Dijamin kenikmatan dan kelezatannya gak kalah sama Omurice yang diselimuti telur.

Penasaran seperti apa? Ditinjau Okezone melalui laman Instagram @mahasiswamasak, Kamis (31/1/2019) berikut adalah resep membuat Omurice.

Bahan:

– Daging ayam atau daging sapi atau sosis, yang dipotong-potong

– 1/4 bawang bombay besar atau 1 bawang bombay kecil, yang dicincang

– 1 sdm mentega

– 3 sdm saos tomat (tomato ketchup)

– Sayuran (wortel, buncis, brokoli, kacang polong atau sesuai preferensi masing-masing, bisa dicampur semua)

– Minyak goreng

– Nasi putih yang sudah dimasak

– 2 butir telur, kocok rata dan tambahkan sedikit garam

– Garam secukupnya

– Lada secukupnya

 

Cara membuat:

1. Panaskan mentega di wajan, tambahkan sedikit minyak (kurang lebih 1 sdt).

2. Masukkan daging, masak sampai daging mulai berubah warna (sekitar 1-2 menit).

3. Masukkan bawang bombay yang sudah dipotong-potong, masak sampai bawang bombay berubah warna menjadi transparan.

4. Masukkan sayuran, masak sampai sayuran mulai agak layu, lalu masukkan nasi putih yang sudah matang. Aduk rata dan masak sekitar 2 menit (tambahkan garam dan lada).

5. Dorong nasi ke satu sisi di wajan sehingga ada sedikit ruang, masukkan saos tomat, diamkan sekitar 30 detik lalu aduk rata dengan nasi dan masak selama 1-2 menit.

6. Taruh nasi di dalam mangkuk kecil (mangkuk nasi), atau kalau tidak ada boleh langsung disajikan di piring makan.

7. Kecilkan api.

8. Di wajan yang sudah kosong, tambahkan sedikit minyak (kira-kira 1 sdt), lalu dengan tissue dengan ringan ditepuk-tepuk sambil diratakan sehingga minyak menjadi seperti titik-titik air yang menyebar di dasar wajan.

9. Angkat sedikit wajan dari api dengan 1 tangan (kiri), tuang telur dengan tangan yang satunya (kanan) sambil tangan kiri melakukan gerakan memutar sehingga telur yang dituang menyebar merata di dalam wajan.

10. Taruh sebentar wajan kembali di atas api, lalu angkat sedikit dan putar lagi wajannya. Lakukan terus sampai telur terlihat cukup matang di bagian bawahnya.

11. Matikan api, diamkan sebentar sambil memindahkan nasi dari mangkuk ke piring dengan cara membalikkan mangkuk ke piring sehingga nasi berbentuk bulat.

12. Angkat lembaran telur dan letakkan di atas nasi, bungkus nasi.

13. Apabila suka dengan saos tomat, bisa tambahkan saos tomat di atas telur sebelum dimakan.

14. Omurice siap dihidangkan.

Itulah resep untuk membuat Omurice, selamat mencoba!

Check Also

Akhir Bulan, Makan Siangnya Mie Tek-Tek dan Bakso Balado

  SELAIN sarapan, menu makan siang juga memainkan peran penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Tak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: