Home / Ragam / Gaya Hidup / Ini Bahayanya Terlalu Sering Mengupil
Pria lagi ngupil bisa membahayakan (Foto: Livestrong)

Ini Bahayanya Terlalu Sering Mengupil

agregasi
agregasi

 

SEWAKTU-waktu kita memang perlu mengupil untuk membuang kotoran dan melegakan saluran pernapasan. Namun. bila hal itu menjadi kebiasaan yang berlebihan, tentu menimbulkan bebeberapa efek berbahaya.

Selain menimbulkan stigma sosial, ternyata terlalu sering mengupil bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan mengupil bisa menimbulkan jerawat. Bisa saja hal ini berdampak pada infeksi pada hidung bagian dalam, yang disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus..

Pada kasus yang lebih lanjut, bakteri ini bisa mencetuskan terjadinya bisul yang parah. Untuk risiko yang langka, bakteri bisa menyebar ke otak, sehingga berakibat pada mimisan.

Selain itu, hidung bisa mengalami pendarahan yang parah dan menyakitkan. Pendarahan ini bisa menimbulkan kerak dan luka pada bagian dalam hidung. Untuk menghindari pendarahan akibat luka, Anda bisa menerapkan beberapa kali petroleum jeliy pada bagian dalam hidung.

Sebenarnya, mengupil adalah reaksi kita bila terjadi penumpukan lendir atau kotoran saat hidung tersumbat. Namun, setelah mengupil, jangan lupa untuk mencuci tangan hingga bersih. Pasalnya, tangan Anda akan memiliki banyak kuman. Bahkan bisa terpapar pada permukaan yang Anda sentuh.

Check Also

AWAS! Bakteri Listeria Bisa Banyak Ditemukan di Sayuran Segar!

  PUNYA kebiasaan mengonsumsi sayuran mentah? Mungkin dari sekarang Anda mesti berhati-hati. Bukan karena mengonsumsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: