Home / Ragam / Kesehatan / Ini Bahayanya Makan di Atas Jam 7 Malam
Ilustrasi

Ini Bahayanya Makan di Atas Jam 7 Malam

WOL – Entah karena alasan kesibukan atau aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan, Anda cenderung untuk makan lebih dari jam 7 malam. Terkadang Anda bisa makan malam di atas jam 9 malam. Alasannya, Anda tidak bisa tidur jika perut Anda kosong.

Namun tahukah Anda bahwa makan di atas jam 7 malam mampu menimbulkan bahaya untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah bahayanya.

Meningkatkan berat badan
Sangat mudah untuk makan berlebihan saat makan malam, terutama jika Anda lelah. Itulah sebabnya maka akan muncul penumpukan kalori di dalam tubuh. Karena Anda tidak melakukan aktivitas apapun, maka kalori pun tidak sempat terbakar. Kalori yang tidak terbakar ini akan diubah menjadi trigliserda yang kemudian meningkatkan kadar lemak dan membuat Anda terkena obesitas, serangan jantung, atau stroke.

Menimbulkan masalah pencernaan
Jika Anda makan mendekati waktu tidur, pasti Anda pun akan langsung merasa ngantuk. Tidur setelah makan mampu menyebabkan Anda merasa kembung, tidak nyaman, dan mungkin perut terasa penuh saat Anda bangun. Tentu saja kesehatan pencernaan Anda pun akan terganggu.

Mengganggu waktu tidur
Makan larut malam mampu mempengaruhi kualitas tidur Anda. Sebab sistem pencernaan akan bekerja keras dalam mencerna makanan dan mengganggu irama sirkadian atau siklus tidur Anda. Oleh karena itu hindari mengonsumsi makanan di atas jam 7 malam.

Jika Anda merasa lapar di atas jam 7 malam, cobalah untuk minum banyak air. Air akan membantu Anda untuk merasa kenyang dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. (ini/data2)

Check Also

Waspada! Ada Bahaya Kanker Akibat Obesitas

Waspada.co.id – Penemuan terbaru yang dilakukan Trinity College Dublin di Irlandia, berhasil menjelaskan alasan obesitas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: