Home / Ragam / Ini Arti Warna Hijau di Paspor Indonesia
Paspor Indonesia (Foto: Discoveryourindonesia)

Ini Arti Warna Hijau di Paspor Indonesia

agregasi
agregasi

 

SELURUH paspor di dunia memiliki warna tersendiri, termasuk Indonesia. Untuk Indonesia diberi warna hijau. Lantas apa arti warna hijau di paspor Indonesia?

Sebenarnya tidak ada peraturan baku tentang warna paspor yang digunakan setiap negara. Tetapi ada keberagaman warna yang diciptakan dari negara-negara tertentu.

Menurut Business Insider, warna sampul paspor di dunia biasanya bernuansa biru, merah, hijau, dan hitam. Namun pemilihan warna ini berhubungan dengan geografi, politik, dan agama.

Berikut warna dan arti sampul paspor di seluruh dunia dilansirTravelandleisure, Rabu (7/9/2016).

Paspor merah

Paspor berwarna burgundy digunakan oleh anggota Uni Eropa dan negara-negara yang ingin bergabung di dalamnya, seperti Turki. Komunitas Andes seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru memiliki paspor berwarna burgundy.

Paspor biru

Karibia dan negara komunitas Karibia lainnya menggunakan warna biru. Selain negara tersebut, ada negara lainnya seperti Brazil, Argentina, Paraguay, Uruguay, dan Venezuela yang dikenal sebagai Mercosur yang juga menggunakan warna biru.

Paspor hijau

Paspor berwarna hijau biasanya digunakan oleh negara-negara Islam. Karena warna ini berkaitan dengan warna kuat dalam agama ini. Indonesia dan negara anggota Masyarakat Ekonomi Afrika Barat seperti Nigeria, dan Senegal memiliki warna paspor hijau.

Paspor hitam

Negara yang menggunakan paspor berwarna hitam adalah negara seperti Republik Botswana, Zambia, dan Selandia baru. Untuk Selandia Baru, warna hitam memang dianggap sebagai warna nasional negara tersebut.

Check Also

Yuk Cek 5 Lokasi Liburan Asik di Medan Saat Lebaran

Waspada.co.id –Mudik sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran. Untuk kamu yang lebaran ini mudik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: