Home / Ragam / Gaya Hidup / Ini Alasan Harus Punya Dokter Langganan
Ilustrasi

Ini Alasan Harus Punya Dokter Langganan

Waspada.co.id – Punya dokter langganan yang sudah memahami riwayat medis kita memang menyenangkan. Selain bisa memberi diagnosis lebih akurat, punya dokter langganan ternyata bisa memperpanjang usia.

Ini merupakan hasil temuan dari studi yang dipublikasikan di jurnal BMJ Open.

Studi ini berusaha mengungkap antara hubungan tingkat kematian dan kesinambungan perawatan, salah satunya konsisten konsultasi dengan dokter yang sama.

Denis Pereira Gray dari St Leonard’s Practice mengungkapkan, pasien sudah lama mengetahui betapa pentingnya konsultasi dengan dokter yang sama dan seberapa baik komunikasi antara keduanya.

Selama ini alasan pasien berkonsultasi ke dokter yang sama karena masalah kenyamanan. namun kini ada fakta lain berupa kualitas praktik medis dan secara harfiah, ‘masalah hidup dan mati’.

Profesor Philip Evans dari Universitas Exeter Medical School mengatakan, perawatan berkesinambungan terjadi saat pasien dan dokter saling bertemu berulang kali serta saling mengenal satu sama lain.

“Ini mengarah pada komunikasi yang lebih baik, kepuasan pasien, serta kepatuhan terhadap anjuran medis,” ujar Evans

Dia melanjutkan, karena teknologi medis dan perawatan baru mendominasi dunia medis, aspek manusia dari praktik medis kian diabaikan.

Nah, studi ini mengungkapkan aspek tatap muka dan konsultasi dengan dokter yang sama berpotensi menyelamatkan jiwa dan harus diprioritaskan.

Studi ini menemukan, kontak pasien-dokter yang berulang terkait dengan kematian lebih sedikit.

Efek ini diterapkan di lintas budaya, dan terbukti tidak hanya untuk dokter keluarga, namun juga untuk spesialis, termasuk psikiater dan ahli bedah.

Tinjauan ini menganalisis hasil dari 22 studi yang memenuhi syarat dengan berbagai rentang waktu.

Studi tersebut berasal dari sembilan negara dengan budaya dan sistem kesehatan yang sangat berbeda.

Dari studi-studi tersebut, 18 (82 persen) menemukan, kontak berulang dengan dokter yang sama dari waktu ke waktu mwngasumsikan sedikit kematian selama masa studi dibandingkan dengan mereka yang tidak kontinuitas. (wol/kompas/data2)

Check Also

Diduga Kejar Target, Komisi B Batalkan RDP Dengan Pihak Rumah Sakit

MEDAN, Waspada.co.id – Diduga kejar target konsultasi dan bimbingan teknis keluar kota untuk mendapatkan uang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: