Home / Ragam / Kesehatan / Ini Alasan Habis Makan Buah Jangan Langsung Minum Air
Ilustrasi (Foto: Stylecraze)

Ini Alasan Habis Makan Buah Jangan Langsung Minum Air

agregasi

 

SELAIN sayuran, semua orang dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai asupan diet harian mereka. Makanan ini mengandung banyak nutrisi esensial seperti vitamin, mineral, yang dapat mengurangi risiko stroke, diabetes, dan kanker.

Tidak hanya itu, seseorang yang mengonsumsi buah setiap hari juga diklaim memiliki risiko sakit yang lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi buah sama sekali. Bahkan para dokter telah menyarankan untuk memasukkan buah dalam menu harian, namun mereka selalu mengimbau untuk tidak meminum air setelah mengonsumsi makanan tersebut. Apa alasannya? Dilansir Okezone dari Times of India, Senin (20/8/2018), berikut ulasan lengkapnya.

Menyebakan perut kempung

Hampir semua jenis buah mengandung gula dan ragi yang memerlukan cukup waktu untuk mencernannya. Tubuh manusia sebetulnya menghasilkan beragam cairan khusus yang berfungsi memecah zat makanan kompleks menjadi kesatuan yang sederhana. Namun proses ini bisa terganggu jika Anda meminum air tepat setelah mengonsumsi buah-buahan. Air akan mengencerkan asam dan memperlambat proses pencernaan yang dapat menyebabkan perut kembung dan kram.

Memicu diare

Ada beberapa buah yang memiliki kandungan air tinggi, seperti semangka dan mentimun. Jika Anda memakannya dengan benar, khasiatnya dapat membuat gerakan usus menjadi lebih halus. Sebaliknya, apabila Anda meminum air setelah memakan semangka, justru akan mempercepat proses pencernaan dan memicu diare.

buah-buahan segar

Menggangu tingkat pH di dalam tubuh

Meminum air setelah memakan buah ternyata dapat mengganggu tingkat pH organ pencernaan Anda. Seperti diketahui, pH digunakan untuk menentukan keasaman atau kebasaan larutan yang masuk ke dalam tubuh. Tingkat pH normal perut manusia adalah 1,5-3,5. Angka tersebut akan menurun ketika Anda meminum air pasca mengonsumsi buah-buahan, dan menyebabkan pencernaan menjadi lebih lemah.

Memperlambat proses pencernaan

Meminum air setelah memakan buah juga dapat memperlampat prosen pencernaan secara keseluruhan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kandungan air dapat melarutkan asam lambung sehingga meninggalkan sisa makanan yang belum dicerna di dalam perut. Dampaknya akan menjadi racun dan memicu timbulnya berbagai masalah perut.

Mencairkan asam lambung

Salah satu hal terpenting yang harus Anda ketahui bahwa air dapat mencairkan asam lambung, yang berdampak pada penurunan sekresi enzim pencernaan. Enzim inilah yang berfungsi membantu tubuh dalam mencerna makanan. Jika tubuh tidak menghasilkan enzim tersebut perut akan terasa mulas. Untuk mengakalinya, Anda bisa meminum air putih satu jam setelah memakan buah-buahan agar terhindar dari masalah pencernaan.

Check Also

Serba Kukus, 2 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat, Lezat dan Bergizi

SARAPAN adalah makanan paling penting yang harus Anda konsumsi untuk menunjang aktivitas. Sayangnya, banyak yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: