Home / Ragam / Kesehatan / Ini 7 Vitamin Otak Alami yang Murah Meriah
lustrasi. (Foto: Shutterstock)

Ini 7 Vitamin Otak Alami yang Murah Meriah

agregasi
agregasi

OTAK merupakan bagian tubuh paling penting, yang tidak hanya bertugas untuk menggerakkan seluruh tubuh, tapi juga kita gunakan untuk berpikir. Sayangnya, sangat jarang kita memperhatikan kesehatan otak kita dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Kamu pastinya lebih memikirkan bagaimana mengecilkan ukuran perut, atau bagaimana wajahmu terlihat lebih fresh dibandingkan memperhatikan apa nutrisi otakmu sudah terpenuhi. Suplemen otak atau yang biasa disebut dengan nootropics, dapat meningkatkan kemampuan otak dalam konsentrasi, fokus, belajar, motivasi, dan kemampuan berpikir.

Melansir timesofindia, Jumat (27/4/2018), Konsultan gizi senior, Manjari Chandra, menurutkan nootropic dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar, membantu fungsi otak, melindungi otak dari kerusakan kimia berbahaya, meningkatkan mekanisme neuronal dan tidak memiliki efek penenang, stimulan atau beracun.

Nootropics pun dapat meningkatkan berbagai aspek kinerja memori, sehingga meningkatkan proses pembelajaran dan informasi. Selain itu, membantu menargetkan bahan kimia otak yang terkait dengan perhatian untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Tidak perlu beli vitamin otak mahal-mahal, berikut adalah vitamin otak alami yang bisa kita peroleh sehari-hari.

Kafein

Kafein adalah senyawa yang menstimulasi anti-tidur, dan mengurangi rasa lelah, yang akan memberikan tenaga tambahan ke otak dan membuatnya tetap terjaga. Kafein adalah salah satu nootropics sejati pertama, tapi jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsinya.

L-Theanine

L-Theanine merupakan ekstrak dari teh Matcha dan teh hijau, yang akan membuat kamu lebih relaks. Ada banyak manfaat yang terkait dengan L-Theanine termasuk mengurangi kecemasan, peningkatan kognitif dan peningkatan kualitas tidur.

Bacopa

Bacopa Monierri atau Brahmi telah digunakan secara tradisional dalam pengobatan Ayurvedic untuk meningkatkan kecerdasan, ingatan dan menurunkan stress. Bacopa mampu mengurangi stress dan membuat kamu tetap tenang serta meningkatkan daya ingat. Bacopa bekerja dengan memblokir sinyal-sinyal stres di otak Anda.

Ginseng

Akar tumbuhan khas Korea ini terbukti meningkatkan vitalitas kaum Adam. Manfaat lainya, akan membuat suasana hati lebih baik karena memiliki kognisi efek anti-kelelahan, terutama pada individu yang sudah mengalami kelelahan mental.

Omega 3

Asam lemak Omega 3 yang ditemukan pada ikan, krill atau minyak alga, terbukti mengurangi peradangan, meningkatkan kesadaran, suasana hati dan kesehatan kardiovaskular, serta membantu melindungi otak Anda. Minyak ikan terbukti meningkatkan aliran darah otak dan oksigenasi.

Minimum of three to four weekly fish meals can boost good cholesterol (Reuters)

Tirosin

Asam amino yang ditemukan dalam telur, kalkun, daging sapi, rumput laut, kedelai, dan keju Swiss, diperlukan untuk memproduksi neurotransmiter yang memainkan peran penting dalam menenangkan suasana hati. Rendahnya kadar neurotransmitter dapat membuat kamu terbebas dari depresi, apati, kelelahan, dan kurangnya konsentrasi.

Curcumin

Bahan aktif lain dalam kunyit ini terbukti meningkatkan BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor), yang membantu menurunkan risiko penyakit otak. Curcumin bekerja paling baik ketika dipanaskan dengan makanan. Dengan curcumin kamu otak bisa lebih jernih dan mengurangi stress. Yuk, mulai sayangi otak kita!

Check Also

Diduga Kejar Target, Komisi B Batalkan RDP Dengan Pihak Rumah Sakit

MEDAN, Waspada.co.id – Diduga kejar target konsultasi dan bimbingan teknis keluar kota untuk mendapatkan uang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: