Home / Ragam / Gaya Hidup / Ingin Sofa Tetap Awet? Coba Pakai Pelapis dari Kain Bekas
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Ingin Sofa Tetap Awet? Coba Pakai Pelapis dari Kain Bekas

agregasi

 

MENGUBAH tampilan sofa kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kain yang tersedia. Tidak harus material khusus pelapis sofa, bahan pakaian dan gorden pun bisa digunakan. Berani coba?

Kalau sofa Anda sangat usang, tetapi rangka dan bagian dalamnya masih baik, yang dapat dilakukan adalah mengganti pelapis sofa. Jenis kain yang biasa digunakan sebagai bahan pelapis sofa antara lain katun, chenille, linen, poliester, rayon, oscar, kulit sintetis, kulit asli, suede, dan katun kanvas.

Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Menurut desainer interior Susan Ochtari Yawhan, saat ini jenis kain apapun bisa digunakan untuk beragam furnitur, asalkan disesuaikan dengan tema atau konsep interior yang diemban ruangan tersebut.

Bahan katun, misalnya,merupakan bahan dasar pembuatan baju yang kini sudah banyak diaplikasikan sebagai bahan slipcover , pelapis sofa, dan sarung bantal. Di pasaran, bahan katun dijual mulai Rp32.500 per meter.

Walau katun dapat dikreasikan sebagai pelapis sofa yang murah, tidak ada salahnya kita mengenal berbagai bahan lainnya karena mungkin saja bahan berikutlah yang cocok untuk Anda. Ketika tampilan furnitur sudah cantik setelah di-makeover, langkah selanjutnya adalah menjaganya agar awet dan tahan lama.

Caranya tentu dengan selalu merawat dan membersihkannya. Langkah pembersihan pun dapat Anda terapkan bila proses make over tidak sempat dilakukan. Luthfi Hasan, pemilik Interior Desain Jakarta Vintage, mengatakan bahwa membersihkan noda pada sofa atau bahan kain bukanlah perkara sulit, terlebih sofa tersebut terbuat dari bahan kulit.

Cukup bersihkan dengan kain lap dan air bersih, kemudian aplikasikan pada sofa yang terkena noda, dengan begitu noda akan hilang. Lain halnya jika Anda membersihkan furnitur kayu. Ada beberapa langkah perawatan yang harus dilakukan untuk membuatnya selalu kinclong dan tampak baru, misalnya menggunakan cairan khusus pembersih kayu.

Terlebih, saat ini Anda tidak perlu repot-repot membersihkan sofa. Anda bisa memanfaatkan jasa cuci sofa yang saat ini sudah banyak membuka lapak secara online. Lapak jasa cuci sofa ini memberikan kemudahan bagi pemilik rumah yang kelimpungan membersihkan sofa. Mereka memberikan pelayanan untuk semua jenis sofa.

Harga yang diberikan pun tergantung jumlah dan ukuran sofa. Jasa cuci sofa cucisofa.net , misalnya, mematok harga sofa berukuran standar satu dudukan sekitar Rp30.000,sedangkan sofa berukuran jumbo dihargai Rp35.000 dan satu unit sofa bed Rp120.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: