_
Home / Ragam / Kesehatan / Ibu Menyusui Makan Jengkol, Akankah ASI-nya Jadi Pahit?
Ilustrasi

Ibu Menyusui Makan Jengkol, Akankah ASI-nya Jadi Pahit?

agregasi

 

IBU menyusui memang harus banyak menerima nutrisi dari makanan. Tak hanya itu, jenis makanan tertentu juga bisa memengaruhi ASI, mulai dari jumlah, rasa, dan aroma. Salah satu makanan yang memiliki rasa dan bau yang khas adalah jengkol.

Lantas, bolehkah jika ibu menyusui makan jengkol? Apakah akan mengubah rasa ASI menjadi pahit dan bau? Siapa yang tidak kenal dengan jengkol? Makanan yang satu ini memang terkenal dengan baunya yang tajam, namun rasanya yang empuk seperti daging dengan sensasi manis dan pahit ternyata disukai banyak orang.

Biasanya, orang akan mengonsumsi jengkol dalam berbagai macam olahan, seperti semur jengkol, lalap jengkol, atau keripik jengkol. Salah satu efek makan jengkol adalah air kencingnya menjadi lebih bau.

Tapi, akankah makan jengkol juga membuat rasa ASI jadi pahit dan bau jika dikonsumsi oleh ibu menyusui?

ASI yang normal memiliki rasa yang manis dan creamy karena mengandung laktosa—salah satu jenis gula—dan lemak. Namun, rasanya dapat berubah karena beberapa faktor, salah satunya makanan.

Sebenarnya, hingga kini belum ada penelitian yang mengamati efek makan jengkol pada kualitas ASI saat menyusui, baik itu membuat ASI jadi pahit atau berbau. Namun, jengkol diketahui memiliki minyak atsiri yang mengandung senyawa allyl sulfur. Senyawa ini terdapat pula dalam bawang putih.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan pada jurnal Metabolites, mengungkapkan bahwa bawang putih dapat mengubah bau ASI.

Bawang putih mengandung allyl methyl sulfide (AMS), yaitu metabolit yang memiliki bau khas yang dapat mengalir pada ASI. Adanya penelitian tersebut menunjukkan bahwa makan jengkol juga kemungkinan bisa mengubah bau ASI.

Studi pada tikus yang diterbitkan pada jurnal Science of Food and Agriculture melaporkan bahwa jengkol bermanfaat untuk kesehatan, seperti dapat mengurangi kadar gula darah pada tikus dengan diabetes.

Check Also

Haru! Bayi Terlantar di Halte Damri Bertemu Ayah Kandungnya

MEDAN, Waspada.co.id – Suasana haru menyelimuti wajah Dedek Irawan (38) ayah kandung bayi bernama Mei ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: