Home / Ragam / Gaya Hidup / Hobi Minum Teh? Simak Dulu 5 Fakta Mengejutkan Ini
Ilustrasi (Foto: Ndtv)

Hobi Minum Teh? Simak Dulu 5 Fakta Mengejutkan Ini

agregasi
agregasi

 

MENYERUPUT secangkir teh hangat di pagi hari sudah lama menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini pun mulai menjadi sorotan para ahli.

Pasalnya, menurut sejumlah penelitian mengklaim bahwa konsumsi teh yang terlalu berlebihan dan tidak di waktu yang tepat, ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak dulu 5 hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi teh. Sebagaimana dilansir Okezone dari Times of India, Jumat (28/9/2018).

Jangan memanaskan ulang

Memanaskan ulang teh bisa meningkatkan kandungan asam di dalamnya. Selain itu, rasa asli daun teh sendiri akan hilang. Itu sebabnya para ahli teh selalu menganjurkan untuk meminum teh yang baru diseduh.

Jangan konsumsi teh saat perut kosong

Mengonsumsi teh dalam kondisi perut kosong dapat meningkatkan asam lambung dan menghilangkan nafsu makan. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk meminum teh di pagi hari, sebaiknya isi perut dengan camilan ringan seperti biskuit atau roti tawar.

Hindari konsumsi teh di pagi hari

Selama ini Anda mungkin memiliki kebiasaan meminum teh di pagi hari. Namun menurut sejumlah penelitian, mengonsumsi teh di pagi hari justru akan memperlambat metabolisme, mengurangi rasa lapar secara alami, dan akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Hindari konsumsi teh terlalu panas

Menurut hasil laporan berbagai penelitian, meminum teh yang sangat panas akan mengiritasi mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan bagian dalam perut. Para ahli juga telah membuktikan bahwa meminum teh dengan suhu lebih dari 69 derajat celcius dapat menyebabkan kerusakan pada perut Anda.

Wanita hamil disarankan hindari konsumsi teh

Kandungan kafein pada teh dapat membahayakan perkembangan janin, dan meningkatkan risiko keguguran. Apalagi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Oleh karena itu, penting untuk membatasi jumlah konsumi teh selama masa kehamilan.

Jangan menyeduh teh terlalu pekat

Poin penting lainnya yang harus Anda ketahui adalah jangan menyeduh teh terlalu lama atau menambahkan terlalu banyak daun teh, Kandungan kafeinnya dapat menyebabkan sakit kepala, dehidrasi, kembung, mual, gelisah, dan insomnia.

Check Also

10 Cara Efektif Sembuhkan Mimisan dengan Cepat

  SEBAGIAN besar masyarakat di dunia pasti pernah mengalami mimisan. Mimisan dikenal dengan istilah medis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: