Newsticker
WOL / Ragam / Gaya Hidup / Hindari Penyimpangan Perilaku Anak Dengan Membatasi Penggunaan Gadget
WOL Photo/Eko Tarore
WOL Photo/Eko Tarore

Hindari Penyimpangan Perilaku Anak Dengan Membatasi Penggunaan Gadget

MEDAN, WOL – Berbicara tentang teknologi, tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi banyak memberikan pengaruh besar bagi kalangan masyarakat. Diantaranya adalah penggunan gadget.

Hampir semua kalangan masyarakat yang tidak dibatasi oleh usia sudah memanfaatkan teknologi gadget, termasuk anak-anak.

Tentunya penggunaan gadget dan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang juga bisa menjadi dorongan untuk anak bisa memiliki kemampuan yang lebih. Namun penggunaan tersebut juga harus dibatasi dan mendapatkan bimbingan oleh para orang tua.

Psikolog dan juga Direktur Kasandra & Associates, A.Kasandra Putranto, memandang bahwa penyimpangan perilaku merupakan salah satu penyebab dari penggunaan gadget yang berlebihan kepada anak.

“Ini yang menjadi salah satu permasalah di Indonesia yang belum bisa sepenuhnya diselesaikan. Karena fenomena perkembangan teknologi saat ini terus menimbulkan pengaruh besar bagi masyarakat untuk terus memanfaatkan teknologi tersebut sehingga menjadi salah satu kebutuhan,” ujar Kasandra, saat berbincang dengan Waspada Onlinedi Medan, Jumat (10/3).

Terutama pada anak yang sudah dikenalkan dengan dunia teknologi seperti gadget oleh para orang tua. Tapi sangat disayangkan pengenalan tersebut tidak menjadi tujuan yang pas.

“Karena kebanyakan orang tua, ketika memberikan gadget dan membiarkan anak tersebut bermain gadget. Maka tanpa disdari secara daya pikir otak, anak tersebut akan menyerap dengan apa yang ada di dalam gadget dan akan terus fokus dengan apa yang dia lihat,” terangnya.

Hal ini dinilai berbahaya, karena dengan anak fokus oleh apa yang dia lihat, terutama sering dilakukan setiap hari, maka secara tidak langsung sang orang tua menutup peluang komunikasi secara langsung kepada sekitarnya. “Karena si anak sudah merasa nyaman,” ungkapnya.

“Tapi, dengan rasa nyaman tersebut, akan ada pengaruh besar yang akan terjadi pada anak yaitu perubahan perilaku. Jadi saya berharap orang tua harus melakukan perannya. Artinya adalah membatasi penggunaan gadget bagi anak. Seyogyanya kasih mereka main gadget sekali dalam sehari, dengan pendampingan orang tua, berikan hal-hal di dalam gadget sang anak dengan sesuatu yang bisa mendukung tumbuh kembangnya,” lanjut Kasandra.

“Jadi anak terus mendapat pendampingan, dan dia juga melakukan komunikasi langsung dengan orang tua. Maka secara persentasi, anak akan mudah berkomunikasi dengan sekitarannya dan tidak fokus dengan alat gadget yang ia pegang bila digunakan hampir satu jam lebih dalam sehari,” tutupnya.(wol/eko/data1)

Editor: Agus Utama

Baca Juga

WOL Ilustrasi

residential Threshold Harus 0% untuk Beri Kesempatan yang Sama ke Parpol

  JAKARTA – Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu dari fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.