_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Hindari Hal Ini Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Hindari Hal Ini Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Agregasi
Agregasi

 

Apa saja poin-poin yang Anda harus hindari dalam resume Anda? Karena resume biasanya hanya satu sampai dua halaman, resume Anda harus berisi hanya informasi yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Aturan praktis adalah, ketika ragu, tinggalkan saja hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan saat hendak menulis CV atau surat lamaran. Berikut adalah daftar penting yang seharusnya tidak berada di dalam surat lamaran Anda.

Penulisan “surat lamaran”

Jangan labeli surat lamaran Anda dengan menulis “surat lamaran.” Satu melihat resume Anda, dan pewawancara harus tahu persis apa jenis dokumen itu. Selain itu ketika Anda menyimpan file, gunakan nama Anda sehingga manajer perekrutan akan tahu isi dari dokumen berupa surat lamaran Anda kandidat.

Tanggal surat lamaran dibuat

Beberapa orang membuat kesalahan dengan surat lamaran mereka, pihak perusahaan tidak perlu tahu kapan Anda menulis surat lamaran Anda. Tanggal yang baiknya disertakan adalah tanggal mengenai pendidikan terakhir dan pekerjaan terakhir Anda.

Data Pribadi Selain Informasi Kontak Anda

Jangan menyertakan informasi pribadi apapun di luar alamat, email, dan nomor telepon Anda. Jangan tuliskan juga usia Anda, tanggal lahir, ras, jenis kelamin, orientasi seksual, agama dan nama-nama dan usia pasangan Anda dan/anak-anak. Sertakan informasi lengkap tersebut pada CV bukan pada surat lamaran.

Hindari juga menyebutkan nomor penting yang bisa memungkinkan seseorang untuk mencuri identitas Anda, seperti nomor SIM, dan informasi kartu kredit.

Foto

Banyak surat lamaran yang disertai oleh foto diri calon pelamar, namun jika menurut Anda tidak perlu menyertakan foto di surat lamaran, tempatkan foto diri tersebut di CV Anda. Pastikan foto yang disisipkan nampak profesional dan formal sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

Pengalaman Kerja tidak terkait

Anda tidak perlu menempatkan pekerjaan yang tidak terkait dan relevan. Umumnya , Anda hanya ingin menyertakan posisi pekerjaan Anda selama  10 sampai 15 tahun terakhir, kecuali pekerjaan sebelumnya sangat menunjukkan kualifikasi Anda. Hindari penulisan setiap posisi yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar kecuali akan meninggalkan celah di surat lamaran Anda .

Namun, jika Anda memiliki sedikit pengalaman kerja, Anda dapat menyertakan beberapa posisi yang tidak berhubungan selama Anda menunjukkan bagaimana mereka mempersiapkan Anda untuk pekerjaan di bidang baru Anda. Misalnya, jika Anda melamar pekerjaan di penjualan, Anda dapat menyertakan pekerjaan Anda sebelumnya sebagai kasir jika Anda menjelaskan bahwa pekerjaan tersebut membantu Anda mengembangkan keterampilan layanan pelanggan Anda.

Hobi yang tidak terkait

Sebagian besar perusahaan tidak ingin melihat hobi Anda pada surat lamaran. Namun, jika Anda memiliki hobi yang berhubungan dengan perusahaan, Anda dapat memasukkannya. Misalnya, jika Anda melamar untuk bekerja di sebuah toko olahraga, Anda bisa menyebutkan hobi olahraga Anda. Nama dan Informasi tempat bekerja sebelumnya, Karena Anda akan memiliki daftar referensi yang terpisah, Anda tidak perlu menyertakan informasi kontak perusahaan sebelumnya dalam surat lamaran Anda.

Gaji

Gaji adalah hal pribadi yang baiknya didiskusikan oleh Anda dan pihak personalia perusahaan selama wawancara atau setelah Anda telah ditawarkan pekerjaan. Anda tidak perlu membuat kisaran gaji sebelum adanya penawaran saat wawancara. Jadi, jangan sebutkan gaji Anda saat ini atau gaji yang Anda harapkan untuk mendapatkan di pekerjaan baru.

Catatan kriminal

Jika Anda mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan, perusahaan kemungkinan akan melakukan pencarian dari catatan kriminal Anda. Untuk itu tidak perlu mencantumkan catatan kriminal pada surat lamaran.

Check Also

Sebelum Konser di Australia, Pink Liburan di Bali

MEDAN, Waspada.co.id – Pink akan menggelar sejumlah konser di Australia sebagai bagian dari Beautiful Trauma ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.