Home / Ragam / Kesehatan / Hindari Asam Lambung Naik, Ibu Hamil Jangan Makan Ini!
Ilustrasi

Hindari Asam Lambung Naik, Ibu Hamil Jangan Makan Ini!

agregasi

 

IBU hamil paling mudah mengalami gangguan pencernaan kalau salah makan. Karena itu, Anda harus pintar memilih jenis makanan yang tepat supaya tidak mengganggu kondisi kesehatan.

Nah, salah satu gangguan kesehatan yang paling mudah dialami oleh ibu hamil ialah naiknya asam lambung. Apalagi kalau usai mengonsumsi makanan yang mengandung gas tanpa dikontrol.

Anda harus berusaha mencegahnya supaya tidak merugikan diri sendiri. Makanya, Anda harus tahu jenis makanan apa saja yang bisa memicu naiknya asam lambung pada ibu hamil. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Senin (2/7/2018).

Hamil (Reuters)

1. Keju

Keju salah satu makanan tinggi lemak yang lama dicerna. Bila ibu hamil mengonsumsinya bisa sebabkan gangguan pencernaan. Perut akan mudah kembung dan tidak enak. Anda harus mencegahnya supaya tidak berdampak buruk.

2. Kopi dan soda

Selama hamil Anda harus mengurangi asupan minuman berkafein dan soda. Terlebih kalau diminum saat perut kosong, perut rasanya tidak nyaman. Ditambah saat hamil Anda bisa mengalami kontraksi dengan frekuensi kecil. Karena itu, berusahalah untuk menjauhi minuman ini yang tidak baik untuk ibu hamil.

3. Daging sapi

Terlalu sering makan daging sapi juga bisa membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Sebabnya daging sapi mengandung tinggi lemak yang lama dicerna. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda mengalami perut kembung atau malah sebabkan asam lambung naik jika konsumsi daging tersebut.

Daging

4. Cokelat

Ada beberapa alasan mengapa cokelat harus dihindari oleh wanita yang sedang hamil. Satu batang cokelat mengandung tinggi kafein. Akibatnya dapat memicu gangguan pencernaan dan mulas. Di samping itu, cokelat juga kaya akan theobromine, yakni berupa jenis methylxanthine yang menyebabkan naiknya asam lambung.

5. Makanan pedas

Makanan pedas merupakan penyebab utama mulas pada ibu hamil. Bahan-bahan seperti lada, cabai rawit dan capsicum tidak harus dimakan mentah. Bahan ini memicu perut mulas, apalagi jika dimakan berlebihan. Lebih baik Anda harus menghindari makanan pedas yang mengganggu kesehatan.

6. Alkohol

Minuman beralkohol sangat merugikan pertumbuhan janin selama kehamilan. Di samping itu, konsumsi minuman beralkohol juga sebabkan perut tidak nyaman saat hamil. Hindari konsumsi minuman tersebut agar tidak membahayakan diri sendiri dan pemicu bayi lahir dengan kondisi cacat.

7. Bawang putih

Pada banyak kasus wanita hamil yang makan bawang putih memicu gangguan pencernaan. Belum lagi kalau kondisinya sedang stres, perut akan terasa mulas dan kembung. Ini jelas mengganggu kegiatan Anda, terlebih di waktu bekerja.

Check Also

Makanan Penyebab Kanker Ini Sering Anda Konsumsi?

Waspada.co.id – Kanker dikenal sebagai penyakit paling mematikan saat ini, yang merenggut banyak nyawa setiap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: