Home / Ragam / Gaya Hidup / Hindari 5 Hal Ini, Jika Tidak Ingin Mandek dalam Karir
Foto: unsplas.com/@punttim

Hindari 5 Hal Ini, Jika Tidak Ingin Mandek dalam Karir

Waspada.co.id – Berkarir di bidang yang kita sukai mungkin akan menjadi impian terbesar kita setelah dinyatakan lulus dari bangku kuliah. Bahkan kita sudah punya daftar perusahaan mana yang ingin kita coba masuk di dalamnya. Banyak hal yang membuat kita tertarik dengan sebuah perusahaan. Tidak jarang karena alasan itu pula lah kita semakin bersemangat untuk bisa diterima masuk sebagai seorang karyawan.

Saat sudah bekerja, tentu tantangan tidak berhenti sampai kamu merasa kualitasmu terus berkembang setiap harinya. Berbagai ujian harus kamu hadapi satu persatu dengan hati yang lapang dan semangat tinggi untuk berjuang. Tentu saja tujuan salah satunya yaitu agar kita bisa bertahan di dalam karir yang sedang kita bangun. Lalu apa saja yang sebaiknya tidak kita lakukan saat kita ingin karir tetap baik?

1. Banyak mengeluh saat pekerjaan sulit harus kamu hadapi

Jika kamu berharap mendapatkan pekerjaan yang mudah, di tempat yang enak, lingkungan yang kamu suka dan dibayar besar, maka pikirkan lagi. Semakin besar perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang memiliki kualitas terbaik di bidangnya. Kamu akan dituntut untuk belajar banyak hal agar bisa membantu perusahaan mencapai goals yang telah ditetapkan.

Pekerjaan sulit dan banyak terkadang membuat kita jenuh, tapi usahakan untuk tidak mengeluh apalagi banyak protes kepada perusahaan. Ketahananmu dalam bekerja diuji di sini. Apakah kamu orang yang mampu untuk pekerjaan itu atau sekedar bisa?

2. Terlalu sombong dan enggan membantu rekan kerjamu

Jika kamu bekerja di perusahaan, maka berinteraksi dengan orang lain sudah pasti harus kamu lakukan. Meminta bantuan sudah jadi hal yang wajib kalian lakukan. Saling mendengar dan memberi solusi akan membuat hubunganmu dengan rekan kerja semakin erat.

Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk masa depanmu di dalam karirmu. Jangan sombong dan enggan membantu orang lain yang membutuhkan. Sebab kamu pun tidak bisa menyelesaikan semuanya sendiri.

3. Menutup diri dan merasa paling benar

Kamu mungkin seorang introvert yang butuh ruang sendiri untuk fokus bekerja. Kamu mungkin tahu dan menguasai banyak hal di dalam rana kerjamu. Tapi ini bukan alasan kamu bisa bersikap angkuh dan seolah benar sendiri.

Kamu adalah seorang karyawan yang membutuhkan orang lain bahkan bawahanmu sekalipun. Jangan pernah meremehkan kemampuan seseorang, sebab akan muncul pandangan kamu hanya peduli kepada dirimu sendiri, dan tidak bisa diajak bekerjasama.

4. Iri dengan keberhasilan orang lain

Bukan hanya kamu yang berjuang menjadi yang terbaik, ada banyak orang yang bersaing bersamamu untuk mencapai sukses mereka sendiri. Meski kamu dikelilingi orang yang jauh lebih sukses darimu, jangan menyerah dan jangan pernah iri dengan mereka.

Mungkin kamu akan merasa minder, tapi jadikan itu sebagai motivasimu untuk menjadi lebih baik dari mereka. Cukup jadikan sebagai penyemangat bukan sebagai hambatanmu.

5. Melakukan cara curang untuk mendapatkan keuntungan lebih

Saat kamu sedang berjuang untuk mencapai sukses, jangan sampai membuatmu lupa bahwa menggunakan cara yang baik akan membantumu menjadi lebih baik. Ada banyak cara yang bahkan tidak orang ketahui, tapi bukan alasanmu untuk melakukan hal yang merugikan orang lain demi mendapatkan keuntungan untuk dirimu sendiri. Bersaing secara sehat akan meningkatkan kualitasmu dalam membangun karir. (wol/idn/data2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: