_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Hindari 11 Kebiasaan Ini Agar Tetap Profesional Bekerja
Istimewa

Hindari 11 Kebiasaan Ini Agar Tetap Profesional Bekerja

WOL – Ketika berada di dalam lingkungan kerja, membedakan sikap saat di tempat kerja dan di luar tempat kerja sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan kamu mendapat citra buruk di lingkungan kerjamu.

Berikut hal-hal yang mungkin sering kamu lakukan tapi ternyata malah membuat kamu terlihat tidak profesional di lingkungan kerjamu.

1. Mengomentari Fisik dan Penampilan Rekan Kerja Yang Lain
Jika kamu pernah mengomentari penampilan bahkan fisik dari rekan-rekan kerjamu berarti kamu masuk golongan tidak profesional. Hati-hati dalam bersikap, sebaiknya harus ingat bahwa di tempat kerja, kita tidak boleh sembarangan menilai orang melalui fisiknya.

2. Terlalu Sering Menanyakan Masalah Pribadi
Wajar saja jika kita merasa dekat dengan salah satu rekan kerja dan penasaran dengan apa yang dia alami. Tanpa malu, kita menanyai rekan kerja tentang masalah pribadi yang dia miliki. Namun jika hal itu terjadi di kantor, artinya anda masih belum bisa bersikap profesional.

3. Menggoda Rekan Kerja
Dekat bukan berarti kita boleh menggoda rekan kerja yang kita anggap lucu atau menarik di kantor. Hal ini harus diingat agar tetap kelihatan profesional saat bekerja.

4. Membuka Smartphone Sepanjang Waktu
Sebaiknya kita mengurangi penggunaan smartphone di area kantor. Apalagi saat sedang bekerja, akan lebih baik jika kita tidak membuka smartphone terlalu sering.

5. Berbagi Cerita dan Masalah Pribadi
Curhat dengan rekan kerja yang dekat boleh saja, asalkan kita sedang tidak berada di lingkungan kantor dan tidak sedang mendapat tanggung jawab dari kantor. Lebih baik menahan waktu curhat setelah terbebas dari jam kantor.

6. Memiliki Kedekatan Yang Berlebihan
Dekat dengan rekan kerja itu sah-sah saja dan jika kita butuh bantuannya untuk membantu hal yang termasuk kepentingan kantor. Namun, kita sebaiknya ingat untuk tidak melakukan hal-hal yang berlebihan. Selain itu menghindari munculnya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk menjadi pekerja yang tidak profesional.

7. Posting di Sosial Media Tentang Keburukan Bos
Mungkin kamu baru saja mendapat teguran dari bos. Dan kamu juga tahu, banyak rekan kerjamu yang tidak suka dengan bosmu, tetapi ini bukan berarti kamu boleh semena-mena dengan bosmu. Ini hal yang tidak profesional jika kamu sampai posting hal-hal yang berkaitan dengan masalah kantor bahkan mengatakan keburukan bos di sosial media.

8. Terlalu Banyak Meminta Maaf
Kita harus bekerja secara profesional, jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama dan terlalu sering minta maaf.

9. Memutar Mata Saat Diajak Bicara
Mungkin kamu mendapat teguran dari rekan kerja dan atasan yang kamu tidak sukai. Meskipun kamu tidak suka dengan hal itu, sebaiknya kamu tetap menghormatinya. Hindari memutar mata, baik saat sedang bicara maupun setelah selesai bicara di kantor.

10. Menggosip Tentang Rekan Kerja
Ketika kamu dan rekan kerja tidak sengaja menggosipkan rekan kerja yang lain. Sebaiknya hindari melanjutkan kebiasaan ini karena ini akan mengganggu kenyamanan dan mengurangi sikap profesionalmu saat sedang bekerja.

11. Menggunakan Nama Panggilan Sayang
Apa kamu masih sering sekali memanggil nama orang dengan kata yank, beb, say? Disarankan, jika kamu sedang berada di area kantor, cobalah menguranginya. Memanggil nama rekan kerjamu dengan panggilan sayang semacam itu termasuk hal yang bisa menunjukkan bahwa kamu kurang profesional dalam bekerja. (idntimes/sari/data3)

Check Also

PTPN IV Hadiri RDP di Gedung Dewan

MEDAN, Waspada.co.id – Peraturan ketenagakerjaan di lingkungan PTPN IV untuk karyawan sudah ada tertuang dalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.