Home / Ragam / Kesehatan / Hati-hati, Salah Pengolahan Salad Bisa Jadi Sarang Bakteri
Istimewa

Hati-hati, Salah Pengolahan Salad Bisa Jadi Sarang Bakteri

WOL – Bagi para pelaku diet maupun hidup sehat, salad merupakan makanan yang cukup populer sebagai sumber nutrisi sehat. Namun, pengolahan salad yang salah, justru dapat membuat tubuh rentan terkena infeksi bakteri.

Salad siap saji dalam kemasan yang terdiri dari daun pilihan bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri, seperti Salmonela dan E. coli yang diketahui dapat menyebabkan keracunan.

Para ilmuwan mengatakan, getah yang keluar dari dedaunan yang disajikan dalam salad dapat membantu bakteri untuk bertahan hidup dan berkembang, sehingga menyebabkan bahaya potensial bagi kesehatan.

Studi menunjukkan, getah atau cairan yang keluar dari daun yang rusak dapat meningkatkan pertumbuhan patogen 2.400 kali lipat dan meningkatkan kemampuan patogen untuk menyebabkan penyakit pada manusia.

Tak hanya itu, getah daun juga membuat bakteri menjadi begitu lekat, sehingga anda tidak bisa menghilangkan semua bakteri dengan cara mencucinya.

The Food Standards Agency mengatakan, ada lebih dari 500.000 kasus keracunan makanan di Inggris setiap tahun, diantaranya 48.000 kasus yang disebabkan oleh buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Pemimpin studi Dr Primrose Freestone, dari University of Leicester, menyarankan pembeli untuk mencuci semua daun dan memakannya secepat mungkin setelah membuka kantung atau plastik salad.

“Salmonella dapat tumbuh di permukaan lembab bahkan dalam air, bahkan ketika itu didinginkan. Telah terjadi sejumlah wabah yang berhubungan dengan produk salad segar yang terkontaminasi dengan Salmonella dan E. coli dalam beberapa tahun terakhir.” ungkapnya.

Namun, dengan adanya penemuan ini bukan berarti anda harus berhenti mengkonsumsi berbagai jenis makanan segar.

“Anda tidak harus berhenti makan salad, cukup pastikan salad tersebut segar dan bersih,” pungkas Julie Ashmore, dari Institut Ilmu dan Teknologi Pangan. (kompas/sari/data3)

Check Also

Tak Harus Diet, Turunkan Berat Badan Dengan Cara Alami

Waspada.co.id – Diet ketogenik, diet mediterania, OCD dan masih banyak jenis diet lain yang populer ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: