Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / Hati-Hati! Menjadi Vegetarian Membuat Anda Mudah Alami Depresi
Vegetarian (Foto: Express)
Vegetarian (Foto: Express)

Hati-Hati! Menjadi Vegetarian Membuat Anda Mudah Alami Depresi

agregasi
agregasi

 

DIET vegetarian atau diet vegan adalah salah satu jenis diet yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan. Pada diet ini, orang cenderung mengonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan. Biasanya mereka akan menghindari daging merah. Namun sepertinya mereka harus memikirkan ulang pilihannya untuk tidak memakan daging merah.

Studi penelitian yang baru-baru ini dilakukan mengungkapkan orang yang tidak makan daging merah memiliki peluang lebih besar untuk mengalami depresi. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Bristol itu menemukan data bahwa orang yang memakan daging umumnya merasa lebih bahagia. Bisa jadi hal itu disebabkan karena daging mengandung banyak vitamin B12. Vitamin B12 diyakini berperan penting untuk menghasilkan zat kimia otak yang berpengaruh pada suasana hati. Selain daging merah, vitamin B12 juga banyak ditemukan di kerang dan hati hewan.

Sebelumnya peneliti menganalisis 10.000 orang pria di mana 350 orang di antaranya menerapkan diet vegan dan menjadi seorang vegetarian. Dari hasil analisis, pria yang tidak mengonsumsi daging memiliki skor depresi yang jauh lebih tinggi dibanding dengan mereja yang melakukannya. Lebih dari 50% pria vegetarian dan 7% yang sedang menjalani diet vegan kekurangan vitamin B12.

Selain menjadi lebih depresi, kekurangan vitamin ini berkaitan dengan masalah kesehatan lain seperti kehilangan penglihatan, masalah otot, dan palpilasi jantung. Menurut NHS, orang dewasa setidaknya membutuhkan 1,5 mcg vitamin B12 dalam sehari. Vitamin itu tidak secara alami didapatkan dari biji-bijian, buah, dan sayuran (makanan utama orang yang menerapkan diet vegetarian).

Dulunya daging merah memang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Terlebih beberapa penelitian menunjukkan diet bebas daging membawa kesehatan jangka panjang. Tapi sebenarnya, yang berbahaya untuk kesehatan adalah daging olahan. Peneliti dari Harvard University menemukan orang yang terlalu makan daging olahan terlalu banyak memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Selain kekurangan vitamin B12, orang-orang yang menerapkan diet vegan atau menjadi vegetarian juga kelebihan asam lemak omega-6 di tubuhnya. Hal itu dikarenakan mereka bergantung pada kacang-kacangan untuk konsumsi utama makanannya. Beberapa penelitian mengungkapkan kelebihan asam lemak omega-6 bisa menimbulkan masalah kesehatan mental.

Demikian seperti yang dilansir dari Express, Sabtu (12/8/2017).

Check Also

foto : kompas

Noah Siap Konser Road To New Album

BANDUNG, WOL – Band pop-alternatif asal Bandung, Noah, akan menggelar konser ‘Road To New Album’ ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.