Home / Ragam / Gaya Hidup / Hati-Hati Bunda, Ini Gejala Anak bila Alami Depresi
Ilustrasi (Foto: Parenting)

Hati-Hati Bunda, Ini Gejala Anak bila Alami Depresi

agregasi
agregasi

 

JANGAN salah bunda, anak-anak juga dapat mengalami depresi akibat banyak masalah yang dia hadapi. Anda harus mengenali gejalanya, supaya tak membahayakan diri si anak.

Dipaparkan Wakil Ketua Umum Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia dr Diah Setia Utami SpKJ, depresi dapat dialami semua kalangan dan gender, termasuk anak-anak. Bunda harus memahami kondisi anak dalam situasi apapun, jangan biarkan anak depresi.

“Gejala depresi pada anak dan dewasa hampir sama. Tapi kalau pada anak agak lain, seperti dia tiba-tiba suka menyendiri, menjauhi teman-temannya. rewel, mudah marah, sering menangis,” ujar dr Diah saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, kemarin.

Selain itu, di sekolahnya anak jadi sulit berkonsentrasi dan tampak murung sepanjang hari. Harusnya seorang guru juga harus peka dengan kondisi ini.

Akibatnya, prestasi belajar anak jadi menurun di sekolah. Sampai-sampai dia malas bermain dengan teman-temannya.

“Anak juga akan mengalami kehilangan nafsu makan dan susah tidur,” tambahnya.

Bahkan, menurut dr Diah, anak yang usianya lebih mudah juga mudah kehilangan minat untuk bermain. Tumbuh kembang mereka jadi akan terganggu.

“Maka orangtua harusnya paham dengan gejala-gejala seperti ini. Tak disangka-sangka sudah banyak anak mengalami kasus depresi akut yang mengancam dirinya,” tutup dr Diah.

Check Also

Pemprovsu Serius Jajaki Kerjasama dengan Jepang

JAKARTA, Waspada.co.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) serius menjajaki kerjasama dengan Jepang. Terutama untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: