Home / Ragam / Kesehatan / Harga Terjangkau, Ini Sederet Kebaikan Makan Pisang Hijau
Istimewa

Harga Terjangkau, Ini Sederet Kebaikan Makan Pisang Hijau

agregasi
agregasi

 

SELAIN mangga, buah pisang biasanya juga jadi buah andalan untuk dikonsumsi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Mudah didapatkan di mana-mana, tidak mengenal musim, harga terjangkau, serta rasa yang lezat jadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih untuk mengonsumsi pisang sebagai asupan buah sehari-hari.

Dalam mengonsumsi pisang, biasanya orang-orang cenderung memilih pisang masak berwarna kuning. Namun, tahukah Anda bahwa pisang berwarna hijau yang belum terlalu masak pun memiliki sederet manfaat bagi tubuh? Penasaran? Menyitat Ndtv, Kamis (19/4/2018) berikut enam kebaikan pisang hijau bagi tubuh.

1. Kaya serat 

Pisang hijau disebutkan hadir sebagai sumber serat yang menakjubkan. Seperti yang sudah diketahui, serat memainkan peran esensial untuk kesehatan pencernaan dan kesehatan jantung. Sekitar 100 gram pisang hijau mengandung 2,6 gram serat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dikatakan dapat membantu menjaga level gula darah, serta mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terkena struk atau serangan jantung.

2. Baik untuk jantung 

Seperti halnya pisang yang sudah matang, pisang yang masih hijau pun kaya akan potassium. Satu cup sajian pisang hijau rebus dikatakan mengandung sekitar 531 miligram potassium. Potassium sendiri diketahui memainkan peran esensial untuk membuat ginjal bisa berfungsi optimal. Selain itu, potassium juga bertindak sebagai vasodilator, yang mana membantu untuk memeriksa tekanan darah.

3. Penurunan berat badan 

Pisang hijau kaya akan serat makanan, nah serat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, yang mana diinduksi menjadi rasa puas dan kenyang. Ketika perut terasa kenyang, hasrat lapar dan ingin makan akan berkurang, sehingga akhirnya kita tidak lagi sibuk ingin menyantap makanan berlemak.

(Foto: Ndtv)

4. Sumber vitamin

Pisang hijau adalah temptnya banyak vitamin dan mineral, sebagai tambahan dari adanya potassium, pisang hijau alias pisang mentah ini juga disebutkan kaya sebagai sumber vitamin C dan vitamin B6, belum lagi ditambah dengan adanya mineral esensial dan nutrisi, terutama kalsium.

5. Bagus untuk penderita diabetes 

Pisang mentah hadir dengan kandungan gula rendah. Indek glikemik dari pisang yang masih hijau adalah 30. Makanan yang punya indek glikemik 55 atau kurang, disebutkan akan dicerna diserap dan dimetabolisme dengan lambat. Sehingga memastikan tidak ada lonjakan kadar gula darah secara tiba-tiba. Selain itu, pisang yang masih hijau juga kaya serat makanan yang merupakan nutrisi yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

6. Meringankan masalah di perut

Kandungan tinggi akan serat dalam pisang mentah ternyata dapat meringankan permasalahan perut, seperti sembelit. Untuk cara mengonsumsinya, bisa dengan cara dikukus atau direbus dengan sedikit taburan garam.

*Sebagai catatan, pisang mentah disebutkan alih-alih diolah dengan cara digoreng, akan lebih baik jika diolah dengan cara dikukus atau direbus. Sebab jika digoreng, akhirnya hanya akan malah menambah kalori tambahan. Kemudian ketika membeli pisang hijau, pilihlah pisang yang segar, kulitnya berwarna hijau tanpa ada perubahan warna, noda, atau spot-spot hitam.

Check Also

Tidak Rugi Sering Konsumsi Pepaya & Jagung, Ini 8 Manfaat Sehatnya

  BERBAGAI penelitian telah mengatakan bahwa buah dan sayur merupakan makanan yang bernutrisi tinggi. Buah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: