Home / Ragam / Gaya Hidup / Hai Anak Kos, Ini 5 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Gak Pake Ribet
Ilustrasi (Shutterstock)

Hai Anak Kos, Ini 5 Menu Buka Puasa yang Sehat dan Gak Pake Ribet

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Sebagai anak rantau, memasak menu buka puasa adalah salah satu pilihan terbaik untuk berhemat di bulan Ramadan. Sayangnya, kebanyakan anak kost lebih memilih untuk berbuka puasa di tempat makan karena tak ingin repot-repot memasak. Padahal, nilai gizi dan kebersihannya belum tentu terjamin. Lantas, apa saja menu buka puasa sehat sekaligus praktis untuk anak kost? Baca terus ulasan berikut ini, ya!

Aneka menu buka puasa sehat dan praktis untuk anak kos

Anak rantau terbiasa mempersiapkan segala sesuatunya sendiri, salah satunya menyiapkan menu buka puasa. Memang sih, memasak menu buka puasa bisa membuat Anda tergiur dan ingin cepat-cepat berbuka. Namun, ketimbang membeli makanan di luar yang belum tentu terjamin nilai gizinya, ada baiknya Anda contek berbagai pilihan menu buka puasa sehat dan mudah dibuat oleh anak kost berikut ini.

1. Nasi goreng sayur

Anda tentu sudah sangat akrab dengan menu makanan yang satu ini. Ya, nasi goreng termasuk makanan favorit semua orang karena mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan.

Ilustrasi, Shutterstock

Akan tetapi, tidak semua nasi goreng itu sehat, lho! Kunci mendapatkan nilai gizi dari nasi goreng adalah dengan memilih isian yang sehat dan bergizi. Nah, agar lebih sehat dan lezat, tambahkan berbagai jenis sayuran ke dalam nasi goreng buatan Anda, misalnya brokoli, sawi, atau kacang polong.

Biasanya, Anda akan menggunakan minyak kelapa saat membuat nasi goreng. Namun, hati-hati dengan kandungan lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan jantung. Pilihlah jenis minyak kelapa murni yang lebih sehat dan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, kekebalan tubuh, dan kesehatan otak.

Jangan lupa sajikan dengan telur (orak-arik, dadar, atau ceplok) untuk menambah asupan protein harian Anda setelah seharian berpuasa. Jadi, sudah siap mencobanya hari ini?

2. Telur dadar bayam jamur

Semua anak kost-an tentu sepakat bahwa telur adalah salah satu makanan andalan selama di perantauan. Bagaimana tidak, bahan makanan yang satu ini sangat mudah diolah ke dalam berbagai sajian yang lezat dan menggugah selera.

Ilustrasi, Shutterstock

Telur mengandung 75 kalori, 7 gram protein, dan 5 gram lemak. Bila diperhatikan, telur tergolong rendah kalori dan tinggi protein yang sangat baik bagi Anda yang sedang diet saat puasa. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua senyawa penangkal penyakit yang bisa membuat tubuh tetap segar meski sedang berpuasa.

Anda bisa membuat sajian telur dadar isi bayam jamur sebagai menu buka puasa sehat hari ini. Ketika telur diolah dengan tambahan bayam dan jamur, sajian ini akan memberikan 240 kalori, 24 gram protein, bahkan memenuhi 74 persen kebutuhan vitamin A harian Anda.

3. Steak tempe

Bosan dengan sajian tempe goreng yang itu-itu saja? Yuk, coba mengolahnya sedikit lebih mewah menjadi sajian steak ala anak kost!

Tempe merupakan makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, setiap dua potong tempe ukuran sedang (50 gram) mengandung 80 kalori, 6 gram protein, 3 gram lemak, dan 8 gram karbohidrat.

Jika dilihat dari nilai gizinya, tempe memiliki kadar protein yang tinggi dan terbukti dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengendalikan produksi insulin. Ternyata, mengonsumsi dua potong tempe hampir sama seperti saat Anda makan satu potong daging yang mengandung 95 kalori.

Agar tak kalah mewah seperti steak pada umumnya, lengkapi steak tempe dengan wortel, kentang, dan buncis yang dipotong memanjang dan direbus. Menu buka puasa sehat yang satu ini juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama, lho.

4. Tumis kangkung

Salah satu menu buka puasa sehat ala kost yang bisa Anda coba adalah tumis kangkung. Sayuran hijau yang satu ini banyak mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda selama berpuasa.

Dalam satu porsi (100 gram) sayur kangkung mengandung 25 kalori, 1 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Kangkung juga memiliki sejumlah karoteinoid dan asam folat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah. Dengan makan tumis kangkung saat berbuka puasa, Anda akan terhindar dari gejala anemia yang mengganggu ibadah puasa Anda.

5. Salad buah

Para ahli sepakat bahwa buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk mengatasi sejumlah penyakit. Kandungan air dan sehat pada buah-buahan dapat membantu melepaskan dahaga sekaligus mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

Ilustrasi, Shutterstock

Maka itu, coba sajikan salad buah sebagai menu buka puasa sehat nan praktis ala anak kost-an. Cara membuatnya sangat mudah, kok. Anda hanya perlu menambahkan buah-buahan favorit Anda ke dalam satu mangkuk dan tambahkan beberapa sendok yogurt supaya lebih sehat.

Mengapa harus yogurt? Yogurt mengandung probiotik alias bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan usus. Akibatnya, proses metabolisme dalam tubuh akan meningkat dan membuat berat badan Anda tak lekas naik saat berpuasa.

*Semua foto dalam artikel ini bersumber dari Shuttertock

Check Also

10 Cara Efektif Sembuhkan Mimisan dengan Cepat

  SEBAGIAN besar masyarakat di dunia pasti pernah mengalami mimisan. Mimisan dikenal dengan istilah medis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: