Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / Ginjal Sehat Dengan Mengkonsumsi 7 Buah Ini
Istimewa

Ginjal Sehat Dengan Mengkonsumsi 7 Buah Ini

Waspada.co.id – Penyakit ginjal disebut sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 menunjukkan prevalensi penderita gagal ginjal mencapai 0,2 persen dan batu ginjal sebesar 0,6%.

Artinya, kesehatan ginjal adalah penting. Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Air membantu ginjal untuk menjalankan tugasnya membersihkan racun dalam tubuh.

Namun, selain air, konsumsi buah juga bisa membantu menjaga fungsi ginjal. Makanan dengan antioksidan bisa membantu menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh.

Mengutip berbagai sumber, berikut jenis-jenis buah yang perlu ditambahkan dalam asupan sehari-hari demi ginjal sehat.

1. Blueberry
Blueberry merupakan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan ini berfungsi sebagai anti-peradangan.

Mengutip Healthline, sebagai ‘penjaga’ ginjal, blueberry memiliki kandungan rendah sodium, fosfor, dan potasium.

2. Apel
Pepatah berkata ‘an apple a day keep the doctor away’. Konon, satu buah apel dapat menjauhkan tubuh dari penyakit, termasuk yang berhubungan dengan ginjal. Nutrisi dalam apel dapat menurunkan kolesterol, mencegah konstipasi, dan mengurangi risiko kanker. Tak hanya itu, apel juga kaya akan serat dan komponen anti-peradangan.

3. Stroberi
Sama seperti blueberry, stroberi kaya akan kandungan antioksidan yang mumpuni mencegah kerusakan sel sekaligus melindungi tubuh.

Stroberi juga kaya akan vitamin C, mangan, dan serat. Buah ini jadi pilihan baik untuk ginjal karena kandungan anti-peradangan yang ada di dalamnya.

4. Anggur merah
Meski berukuran mini, anggur merah mengandung banyak nutrisi untuk tubuh. Anggur merah banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang terbukti mengurangi peradangan

Selain melindungi ginjal, anggur merah juga bisa digunakan sebagai ‘penjaga’ kesehatan jantung, otak, dan gula darah.

5. Lemon
Air lemon berpotensi membantu mereka yang punya masalah dengan ginjal. Vitamin C dan asam sitrat yang ada di dalamnya membantu menguatkan sistem imun tubuh.

Mengutip Stylecraze, konsumsi air lemon saat pagi dan jelang makan siang agar ginjal tetap sehat.

6. Semangka
Buah kaya air ini diperkaya oleh kandungan antioksidan yang membantu mengatasi radikal bebas dan mencegah ginjal dari peradangan.

Namun, konsumsi semangka dalam jumlah besar tak disarankan bagi mereka yang memiliki gangguan ginjal. Anda disarankan untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter agar gangguan ginjal tak semakin parah.

7. Nanas
Buah tropis rendah potasium ini bisa dikonsumsi bagi mereka yang bermasalah dengan ginjal. Nanas kaya akan serat, vitamin B, mangan, dan bromelain yang membantu mengurangi peradangan. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Setelah Makan Malam, Sebaiknya Jangan Konsumsi 7 Minuman Ini

Waspada.co.id – Di malam hari, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Minum air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: