_
Home / Ragam / Hiburan / Gawat! Lagu Dark Horse Milik Katy Perry Plagiat
zimbio

Gawat! Lagu Dark Horse Milik Katy Perry Plagiat

LOS ANGELES, Waspada.co.id – Juri pengadilan di Los Angeles memutuskan hits Katy Perry berjudul Dark Horse (2013) terbukti menjiplak secara tidak sah lagu rap gospel yang dirilis pada 2009 silam.

Keputusan tersebut datang dari sembilan juri federal, Senin (29/7), lima tahun setelah Marcus Gray dan dua musisi lainnya menggugat Dark Horse karena dianggap telah mencuri bagian dari lagu ‘Joyful Noise’. Lagu itu merupakan karya Gray yang dirilis di bawah nama panggung Flame.

Kasus tersebut kini masuk dalam fase penalti, ketika juri akan memutuskan jumlah yang harus dibayarkan Katy Perry terkait pelanggaran hak cipta atas lagu tersebut. Kuasa hukum Gray mengatakan bahwa beat dan garis nada yang muncul hampir setengah dari lagu ‘Dark Horse’ secara substantif mirip dengan ‘Joyful Noise’.

Lagu ‘Dark Horse’ merupakan lagu hit dari album Prism milik Katy Perry yang sukses bertengger di puncak Billboard Hot 100 selama empat pekan pada 2014. Lagu itu juga membuahkan sebuah nominasi Grammy Awards bagi Katy Perry.

Kuasa hukum Katy Perry berpendapat bahwa bagian-bagian lagu yang digugat mewakili jenis elemen musik sederhana yang bila dipermasalahkan terkait hak ciptanya akan melukai semua penulis lagu dan musisi.

“Mereka mencoba memiliki bangunan blok musik dasar, alfabet musik yang mestinya tersedia bagi semua orang,” kata pengacara Perry, Christine Lepera, dalam pernyataan penutup siding pekan lalu.

Katy Perry dan co-penulis, termasuk produser Dr Luke, bersaksi selama persidangan tujuh hari itu bahwa tak ada satupun di antara mereka pernah mendengar lagu atau Gray sebelum gugatan muncul.

Ketika bersaksi, Katy Perry sempat membuat tawa di tengah persidangan hari kedua. Hal itu terjadi ketika ia dan pengacaranya memiliki masalah saat akan memutar lagu ‘Dark Horse’ di ruang persidangan.

“Saya bisa membawakannya secara langsung,” kata Perry. (wol/aa/latimes/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Kaum Milenial Medan Padati Konser Harmoni Keberagaman

MEDAN, Waspada.co.id – Menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, para kaum milenial memadati perhelatan konser ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.