Home / Ragam / Gaya Hidup / Film ‘Marlina’ Wakili Indonesia di Oscar 2019
foto: nowtoronto

Film ‘Marlina’ Wakili Indonesia di Oscar 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Indonesia kembali mengirimkan perwakilan ke ajang Academy Awards ke-91 atau Oscar 2019. Film ‘Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak’ bakal dikirim untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik.

Ketua Komite Seleksi Film Indonesia, Christine Hakim, menyampaikan hal tersebut di Jakarta, Selasa (18/9). Pemenang kategori ini akan diumumkan di malam puncak Oscar 2019 di Dolby Theatre Los Angeles pada 24 Februari 2019 mendatang.

“Setelah dilakukan penilaian dengan seksama berdasarkan kritieria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards Selection Committee menetapkan film berjudul Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak,” kata Christine.

Christine menyatakan bahwa keputusan itu telah diambil sesuai dengan pedoman Foreign Languange 2018 serta regulasi dari Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Sejumlah persyaratan tersebut adalah film harus sudah tayang mulai dari 1 Oktober 2017 hingga 30 September 2018 dan setidaknya tujuh hari di bioskop komersil di negara asal.

Persyaratan lainnya merupakan film yang diajukan harus sudah ditayangkan ke publik non-bioskop sebelum rilis secara komersil, seperti penayangan di acara festival. Selain itu, sulih teks atau subtitle berbahasa Inggris diwajibkan ada di film yang diajukan ke AMPAS.

“Penting untuk digarisbawahi, ini bukan pemilihan film seperti festival, tapi kita memilih yang sesuai saja,” kata Christine.

Film garapan sutradara Mouly Surya ini mengisahkan tentang seorang janda di Sumba, Marlina, yang diperankan oleh Marsha Timothy. Suatu hari di sebuah padang sabana Sumba, sekawanan tujuh perampok mendatangi rumah Marlina.

Mereka mengancam nyawa, harta, dan kehormatan Marlina di hadapan suaminya yang sudah berbentuk mumi. Lewat ide cerita dari sineas senior Indonesia Garin Nugroho, Mouly membalut cerita Marlina dengan kultur masyarakat Sumba yang kental. Film fiksi itu dipoles lagi ala genre Western.

Selama ini, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak telah mengantongi penghargaan NETPAC pada Festival Film Five Flavours 2017, kemudian Aktris Terbaik dalam Sitges International Fantastic Film Festival 2017 untuk aksi Marsha sebagai Marlina, dan Sinematografi Terbaik di Asia Pasific Film Festival 2018.

Tahun lalu, Indonesia mengirim Turah untuk berlaga di Oscar. Namun film itu belum mampu menembus persaingan dari ratusan negara lain berkompetisi sampai nominasi. Nantinya, Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak akan turut bersaing dengan film Buffalo Boys yang menjadi wakil untuk Singapura. (wol/aa/cnn/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Film Indonesia Yang Tayang Lebaran Ini

JAKARTA, Waspada.co.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, moment Lebaran dimanfaatkan oleh sejumlah produser film Tanah Air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: