Breaking News
Home / Ragam / Festival Budaya Indonesia, Indofest 2016 Digelar di Amerika
Salah satu petunjukan tari di acara New England Indonesian Festival (NEIF) 2016 yang digelar di Copley Square, Boston, Amerika Serikat
Salah satu petunjukan tari di acara New England Indonesian Festival (NEIF) 2016 yang digelar di Copley Square, Boston, Amerika Serikat

Festival Budaya Indonesia, Indofest 2016 Digelar di Amerika

WOL – Sekitar 10.000 pengunjung memadati area New England Indonesian Festival (NEIF) 2016 di Copley Square pada Rabu kemarin. Acara yang digelar di jantung kota Boston, Amerika Serikat ini ditujukan untuk menikmati beragam kuliner dan menyaksikan secara langsung suguhan tarian dan musik tradisional Indonesia.

NEIF 2016 merupakan festival kebudayaan dan kuliner Indonesia tahunan dan terbesar di wilayah New England, yang diselenggarakan oleh Persatuan Mahasiswa Indonesia di Massachusetts (Permias), New England Indonesian Community Inc. (ICONE, Inc.) dan Project Push Pin untuk keempat kalinya.

“Konsep acara tahun ini adalah Our-chipelago yang menonjolkan keindahan alam dan kekayaan budaya serta kulinari dari enam pulau utama Indonesia,” kata Presiden Permias Massachusetts Emanuel Rio Atmadja.

Dibuka oleh Consul General RI Abdul Kadir Jailani, acara yang bertajuk IndoFest 2016 ini menyuguhkan beragam kesenian Indonesia seperti tarian daerah Betawi, Lampung, Jawa dan Kalimantan yang dibawakan oleh sanggar tari Indonesia asal New Hampshire Nusantara Kreasindo.

Alunan gamelan dan kecapi oleh Indonesian Dance of Illinois serta peragaan angklung juga ikut ditampilkan. Tidak ketinggalan pula beragam masakan, hidangan penutup, peragaan busana, dan permainan tradisional Indonesia serta Batik workshop juga turut ditampilkan untuk turut memeriahkan acara ini.

“Kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat Amerika Serikat disini bahwa walaupun Indonesia terdiri dari banyak pulau dan multicultural society, persatuan dalam keberagaman (unity in diversity) inilah yang membuat Indonesia bisa unggul dan berbeda dari negara lainnya,” ujar Rio.

Sementara Co-Founder & President dari ICONE, Inc Olla Chas mengatakan ajang NEIF 2016 tidak hanya sekedar untuk memperkenalkan kebhinekaan Indonesia kepada masyarakat Amerika, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran nasionalisme warga diaspora di Amerika akan Indonesia yang sedang bertransisi menuju kemajuan ekonomi dan demokrasi modern. (antara/ags/sari/data1)

Check Also

WOL Photo

Telkomsel Raih Tambahan Spektrum di Frekuensi 2,3 GHz

JAKARTA, WOL – Sehubungan dengan pengumuman resmi pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai pemenang ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.