Home / Ragam / Gaya Hidup / Fakta-Fakta Unik Teh dari Seluruh Dunia, Pernah Diselundupkan hingga Termahal di Dunia
foto: istimewa

Fakta-Fakta Unik Teh dari Seluruh Dunia, Pernah Diselundupkan hingga Termahal di Dunia

agregasi
agregasi

 

SEMUA orang tahu teh memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Teh bisa mengatur kadar gula darah, menyeimbangkan hormon, dan membantu Anda tidur nyenyak di malam hari.

Tapi, tahukah Anda fakta-fakta lainnya seputar teh? Melansir dari Beauty and Tips, berikut sederet fakta seputar teh yang perlu Anda tahu.

1. Teh dibawa dari China ke Inggris

Sampai abad ke-19, hampir semua teh di dunia tumbuh di China dan importir teh terbesar adalah Inggris. Ketika perdagangan antara China dan Inggris menjadi sulit, tanaman teh diselundupkan keluar dari China, sehingga mereka bisa mencoba dan menanamnya di negara lain, seperti India dan Kenya. Saat ini, India dan Kenya adalah dua negara penghasil teh terbesar di dunia, namun China masih merupakan yang terbesar.

2. Lahirnya es teh tidak sengaja

Amerika menjadi negara pertama yang menemukan cara minum teh yang berbeda. Pada 1904 di World’s Fair di St. Louis seorang pedagang teh bernama Richard Blechynden mencoba menjual teh saat cuaca sedang panas. Dalam usaha terakhir untuk menggoda orang agar mencicipi tehnya, Blechynden mengeluarkan seember es ke dalam tehnya dan sejak itu es teh lahir dan menjadi populer.

3. Teh bisa memperbaiki sel-sel di tubuh

Berlawanan dengan kepercayaan populer, bukan hanya teh hijau yang mengandung antioksidan tingkat tinggi, teh hitam juga memiliki manfaat yang hampir sama. Teh hitam mengandung polifenol, yang bisa membantu tubuh kita melawan kanker, penyakit kardiovaskular, diabetes dan penyakit lainnya.

4. Teh celup itu ditemukan secara tidak sengaja

Menggunakan teh celup adalah cara paling populer untuk membuat teh hari ini, tapi penemuan teh celup terjadi karena tidak sengaja. Pada tahun 1904, pedagang teh Amerika Thomas Sullivan mengirimkan sampel tehnya di kantong sutra. Tidak menyadari bahwa mereka seharusnya mengosongkan teh dari teh celup terlebih dahulu, pelanggan hanya memasukkan keseluruhan kantong itu ke dalam air mendidih. Ketika dia tahu, Sullivan memanfaatkan kesalahan ini dan mulai menjual tehnya di teabag.

5. Negara peminum teh terbesar di dunia adalah Uni Emirat Arab

Sekitar tiga miliar cangkir teh dikonsumsi di seluruh dunia setiap tahun, namun peminum teh terbesar adalah orang-orang Uni Emirat Arab. Warga UEA meminum teh sebanyak 14 pound yang setara dengan 6,3 kilogram teh setiap tahunnya.

6. Asal dari kata teh

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa itu disebut teh, maka inilah jawabannya. Kata teh berasal dari kata T’e bahasa China, yang merupakan kata dialek bangsa tersebut untuk tanaman yang berasal dari teh. Di mandarin, tanaman yang sama disebut ‘ch’a’, di situlah kata-kata chai dan cha berasal.

7. Teh termahal di dunia seharga sekira $ 200 per cangkir

Di pegunungan Ya’An, yang berada di provinsi Sichuan di China, jenis teh unik tumbuh yang akan membuat Anda merogoh kocek sebesar $ 200 atau setara Rp2,6 untuk satu cangkir. Tehnya dikatakan sangat istimewa karena dibuahi dengan kotoran panda, yang sangat tinggi nutrisi, dan juga agak langka.

Check Also

Awas, Susu Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan Anak Anda kalau…

  SEBAGAI orang tua, tentunya Anda ingin memberikan berbagai macam hal yang terbaik untuk tumbuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: