Home / Ragam / Ekskul Siswa Bersaing Kreativitas
WOL Photo

Ekskul Siswa Bersaing Kreativitas

MEDAN, WOL – Sejak 1 hingga 4 Juni 2016, masyarakat Kota Medan yang ingin berada di seputaran Lapangan Merdeka akan melihat suasana berbeda. Kenapa? Di dalam lapangan tersebut terlihat stand-stand sekolah berbaris rapih memanjang menghadap panggung.

Uniknya lagi, sejumlah stand dihiasi pernak-pernik yang menarik. Ya, seperti sebelumnya, tahun ini pun Gebyar Pendidikan Kota Medan kembali digelar oleh Pemerintah Kota Medan mengajak siswa bersaing dalam sebuah kreativitas. Karena memang siswa, baik di tingkat SLTP maupun SLTA se Kota Medan dituntut untuk mengeluarkan segala kreativitasnya baik di bidang akademik maupun seni.

Dari pantauan Kreasi, setiap sekolah menunjukkan prestasi yang telah diraihnya selama ini. Selain itu, siswa juga memamerkan hasil karya yang telah dibuatnya, seperti Sepeda Multimedia yang dirancang siswa SMK Negeri 9 Medan.

“Sepeda ini bisa berjalan karena dibantu dengan tenaga listrik dan mesin. Sejauh ini telah dipergunakan untuk menjalani lintasan sejauh empat jam perjalanan dan selama perjalanan pengendara juga bisa menyalakan komputer yang telah tersedia,” kata siswa SMKN 9 Medan, Mustafa, Kamis (2/6).

Ada juga mobil mini berbahan bakar gas buatan SMK Raksana Medan. Mewakili rekan-rekannya, Dimas Prambudi mengatakan mobil mini tersebut merupakan karya siswa SMK Raksana di tahun 2012.

“Mobil mini ini dibuat tahun 2012. Yang buat itu kelas XI dan kelas XII, dan kami 100 persen desain chasis dan body mobil. Kalau mesin, kami ambil mesin sepeda motor yang dimodifikasi menggunakan bahan bakar gas,” ujarnya menambahkan mobil ini telah memiliki prestasi di tingkat provinsi.

“Mobil mini ini pernah juara kategori inovasi teknologi tingkat SMK se-Sumatera Utara 2012. Mobil ini mampu berlari dengan kecepatan 60 Km per jam dan jarak tempuh 120 Km dengan menggunakan gas tabung 3 Kg,” ujarnya.

Untuk menambah kemeriahan, panitia juga menggelar berbagai lombam di antaranya kirab Paskibra tingkat SLTA, Festival Eskul tingkat SLTA, Festival Tari Kreasi Daerah tingkat SD, Pentas Seni siswa tingkat TK, Lomba Desain dan Presentasi Power Point tingkat SMP serta Lomba Tari Komando tingkat SLTP. (wol/aa/waspada/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Pemko Medan Gelar Pawai Mobil Hias di Malam Takbiran

MEDAN, Waspada.co.id – Pemko Medan akan menggelari pawai takbiran dengan mengendarai kendaraan hias di Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: