_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Dokter Kritik Keras Cara Pertolongan Pertama Serangan Jantung dengan Tepuk Lengan
Cara mencegah serangan jantung (Foto: Health)

Dokter Kritik Keras Cara Pertolongan Pertama Serangan Jantung dengan Tepuk Lengan

Belum lama ini beredar video seorang lelaki muda diduga kena serangan jantung saat menonton film bioskop. Sontak, orang-orang di sekitarnya membantu menyadarkan, dengan menepuk lengan dan dada pasien sekuat tenaga.

Memang beberapa menit kemudian, lelaki muda yang terkena serangan jantung itu terbangun. Sampai benar-benar sadar, orang-orang yang membantunya masih melakukan pertolongan pertama pada pasien jantung itu.

Ternyata, kejadian itu dikritik keras oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). Lewat informasi resminya, para dokter tidak setuju dengan metode pertolongan pertama yang dilakukan kepada lelaki muda tersebut.

“Sehubungan dengan video yang marak beredar tentang cara mengatasi serangan jantung, dengan menepuk siku dan lengan tidak benar dapat mencegah dan mengatasi serangan jantung,” bunyi informasi yang diterima Okezone, Kamis (27/6/2019).

Pertolongan pertama

Serangan jantung, lanjutnya, merupakan suatu kegawatdaruratan yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah, secara mendadak ke jantung. Keluhan yang dirasakan pasien adalah nyeri dada kiri, mual, keringat dingin, kadang disertai sesak mendadak, bahkan pingsan.

Check Also

Kulit Kamu Kusam, Mungkin ini Penyebabnya

Waspada.co.id – Terdapat sejumlah alasan mengapa kulit Anda terlihat kusam. Padahal Anda sudah sering kali ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.