_
Home / Ragam / Kesehatan / Dermatitis Atopik, Jadi Sorotan Dalam Pertemuan Ilmiah PERDOSKI di Medan
Istimewa

Dermatitis Atopik, Jadi Sorotan Dalam Pertemuan Ilmiah PERDOSKI di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Gangguan kulit yang tidak ditangani dengan baik, tentu akan mengganggu kualitas hidup. Salah satunya adalah dermatitis atopik (DA) yang bisa bertahan seumur hidup dalam tubuh pengidapnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat prevalensi DA pada anak sebesar 15-30 persen pada 2018. Sedangkan di Indonesia, ditemukan 2 juta kasus DA setiap tahunnya.

Pemahaman akan penanganan kasus Dermatitis Atopik menjadi hal yang penting untuk terus ditingkatkan bagi para ahli seiring dengan perkembangan riset, pedoman, praktik klinis terbaik dan terobosan terbaru dalam ilmu pengembangan kesehatan kulit dan kelamin.

Oleh karenanya, PT PZ Cussons Indonesia melalui brand Cussons Baby SensiCare untuk turut meningkatkan aktualisasi dan kompetensi dokter, khususnya untuk kasus Dermatitis Atopik pada bayi/anak.

Lebih Konkritnya PT PZ Cussons Indonesia mendukung pelaksanaan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI) ke XVII tanggal 21 – 24 Agustus 2019 di Medan yang kali ini mengusung tema “Sinergi dalam Meningkatkan Aktualisasi dan Kompetensi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di Era Globalisasi”.

Head of Brand Activation PZ Cussons Indonesia, Rahma Anna Setyani mengatakan pihaknya merasa perlu untuk ikut berperan serta dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan PERDOSKI.

“Secara tidak langsung event ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan cara-cara merawat dan menjaga kesehatan kulit’, jelas Rahma.

Salah satu brand terbaik dari PZ Cussons Indonesia yaitu Cussons Baby memberikan suatu solusi melalui rangkaian produk SensiCare yang diformulasikan khusus dalam merawat kulit bayi yang sensitif dan rentan terhadap Dermatitis Atopik.

SensiCare dari Cussons Baby telah diuji hypoallergenic dan teruji secara klinis oleh para dermatologis maupun dokter anak, serta diformulasikan dengan Derma-Soft™ Complex untuk bayi maupun dewasa.

“Bagi PZ Cussons Indonesia, tema tahun ini sangat tepat di dalam keseharian para dokter, baik di bidang pendidikan, penelitian, pelayanan dan pengabdian bagi masyarakat dalam menangani penyakitDermatitis Atopik” tambah Rahma.

DA merupakan penyakit kulit kronis yang menimbulkan peradangan pada kulit, rasa gatal, serta kulit kering dan pecah-pecah. Kerap pula dikenal dengan istilah eksim atopik, penyakit ini dapat menimbulkan gatal-gatal parah yang dapat mengganggu tidur dan aktivitas harian.

Karena termasuk penyakit kronis, tak ada kata sembuh bagi pengidap DA. Penyakit bisa kambuh berulang jika ditemukan adanya pemicu.

Sederet faktor bisa memicu kambuhnya DA. Faktor-faktor ini bisa saling berbeda pada setiap pasien. Sebut saja daya tahan tubuh yang menurun, debu, bulu hewan, cuaca terlalu panas atau terlalu dingin, gigitan serangga, zat iritan, dan stres.

DA umumnya timbul akibat faktor genetik. Artinya, penyakit dibawa atau diturunkan oleh orang tua pasien. Biasanya, gejala [awal] DA timbul pada bayi dan anak-anak usia 1-5 tahun.

Berdasarkan penelitian, lanjutnya, gejala yang timbul pada usia 3-11 tahun memungkinkan pasien mengidap DA seumur hidupnya. Karena sifatnya yang bertahan seumur hidup, pengobatan pada pasien DA tak bertujuan untuk memusnahkan penyakit, tapi mengatasi gejala yang timbul saat kambuh.

Tak semua pasien DA mendapatkan pengobatan yang sama. Pengobatan akan bergantung pada gejala dan kondisi pasien. Beberapa jenis pengobatan yang umum digunakan di antaranya obat oles, obat oral, dan phototherapy. Pengobatan oles adalah yang paling banyak dipakai.

Diimbau agar para orang tua waspada gejala DA sedini mungkin. Saat anak merasa gatal yang cukup serius, maka [anak] layak dibawa ke dokter. (wol/rls/pb/data1)

Check Also

Kenali 9 Jenis Makanan Yang Sebabkan Kadar Gula Darah Meningkat

WOL – Seseorang dapat diketahui memiliki resiko terserang penyakit diabetes apabila dilakukan pemeriksaan kadar gula ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.