Breaking News
Home / Ragam / Kesehatan / Demi Menekan Angka Kematian, Bisakah Gagal Jantung Disembuhkan?
Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)
Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)

Demi Menekan Angka Kematian, Bisakah Gagal Jantung Disembuhkan?

agregasi
agregasi

 

ANGKA kematian akibat gagal jantung di Indonesia cukup tinggi. Penyakit ini merupakan golongan penyakit kardiovaskular yang diawali karena komplikasi hipertensi.

Gagal jantung disebabkan oleh berbagai faktor. Tapi kini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat.

Chief Executive Officer Siloam Hospitals Lippo Village Dr Anastina Tahjoo MARS mengatakan, seringkali penderita gagal jantung tak memahami perawatan medisnya. Terutama mereka tidak dapat menjaga pola makan, cara minum obat, dan butuh pendampingan keluarga yang benar.

“Pasien gagal jantung harus benar-benar dijaga gaya hidupnya, mulai dari olahraga, pola makan, dan aturan minum obatnya. Kalau tidak, konsekuensi gagal jantung bisa terjadi,” ujarnya kepada Okezone lewat pesan singkat, Kamis (16/2/2017).

Ditambahkan Spesialis Jantung Dr dr Antonia Anna Lukito, SpJP dari Siloam Hospitals Lippo Village, gagal jantung merupakan penyakit yang progresif dan kronik. Pengobatannya harus dilakukan segera untuk meningkatkan taraf hidup pasien.

“Ada tahapan pengobatan yang komprehensif dengan bantuan dokter agar membantu pasien merasa lebih baik. Bahkan tidak harus rawat inap,” tambahnya.

Pengobatan gagal jantung ini diklaim dapat meningkatkan kualitas hidup pasien agar lebih baik. Setiap pasien bisa melakukan konselin dengan dokter setiap hari, tetapi tidak mengganggu aktivitas utamanya.

Check Also

foto: Istimewa

Kematian Mendadak Bisa Disebabkan Oleh Gangguan Irama Jantung

WOL – Jantung merupakan organ vital yang perlu diketahui cara menjaga kesehatannya. Jantung sendiri memiliki ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.