_
Home / Ragam / Kesehatan / Daun Sirih Mampu Obati Diabetes
Istimewa

Daun Sirih Mampu Obati Diabetes

Waspada.co.id – Sirih merupakan salah satu jenis tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat dari pohon ke pohon lain. Sehingga tidak heran jika daun sirih masih tetap terkenal hingga saat ini.

Umumnya, daun sirih kerapa digunakan masyarakat terdahulu untuk nginang. Yaitu untuk dikunyah bersamaan dengan kapur sirih, tembakau dan gambir. Fungsinya ialah untuk mencegah gigi berlubang. Selain itu, daun sirih pun terkenal untuk mengeatasi mimisan agar pendarahan di selapun hidung dapat berhenti.

Tidak hanya itu saja, dari begitu banyaknya manfaat daun sirih untuk kesehatan. Belangan ini diketahui, bahwa daun sirih ternyata berkhasiat pula untuk pengobatan diabetes. Kandungan alami di dalam daun sirih diketahui dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh penderita diabetes.

Diabetes sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap menjadi keluhan di masyarakat. Diabetes pun tergolong ke dalam penyakit serius karena dapat menganjam jiwa para penderitanya jika dibiarkan begitu saja. Diabetes ini ditandai dengan gejala sering buang air kecil, mudah untuk merasa haus dan lapar, serta proses penyembuhan terhadap luka yang memakan waktu lama.

Di dalam daun sirih terkandung senyawa flavonoid dan alkanoid yang bersifat hipoglikemik atau suatu sifat yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darah. Maka dari itu, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami masalah penyakit diabetes. Pengobatan menggunakan bahan alami dari daun sirih pun patut untuk Anda gunakan.

Selain aman dan murah, daun sirih pun tentunya tidak memiliki efek samping. Untuk cara pemanfaatan daun sirih menjadi ramuan alami mengatasi penyakit diabetes pun cukup praktis dan mudah. Namun tentunya harus dengan dosis dan cara pengolahan yang benar untuk mendapatkan hasil yang benar-benar bisa di dapat.

Adapun untuk cara pengolahannya, daun sirih dapat diolah dengan cara mudah seperti di bawah ini :

– Siapkan 3 helai daun sirih dan 3 gelas air bersih
– Cuci bersih terlebih dahulu daun sirih tersebut
– Setelah itu, rebus daun sirih tersbut menggunakan 3 gelas air tadi
– Tunggu beberapa saat hingga rebusan mendidih dan menyisakan setengahnya
– Jika sudah, angkat dan saring rebusan lalu tuangkan ke dalam gelas
– Minum ramuan 1,5 gelas tersebut dalam 1 hari
– Lakukan cara ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan khasiat yang lebih maksimal.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mudah mengobati penyakit diabetes menggunakan cara alami memanfaatkan tanaman herbal daun sirih. Semoga bermanfaat. (infokitasemua/ags/data1)

Check Also

Viral ART Campurkan Obat Penenang ke Susu Bayi, Ini Bahayanya

  BELUM lama ini media sosial ramai dengan kisah seorang ibu yang menemukan anaknya diberi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.