Newsticker
WOL / Ragam / Gaya Hidup / Dari Rujak Rambutan, Kuah Pindang Tongkol hingga Rujak Beer, Jajal Rujak Khas Bali yang Nyegerin
Rujak khas Bali (Foto: Okezone)
Rujak khas Bali (Foto: Okezone)

Dari Rujak Rambutan, Kuah Pindang Tongkol hingga Rujak Beer, Jajal Rujak Khas Bali yang Nyegerin

agregasi
agregasi

 

SEPERTI daerah lainnya di Indonesia, Bali juga menyimpan kuliner yang begitu kaya dan khas. Seperti yang sudah terkenal, nasi pedas, ayam betutu, sate lilit dan masih banyak yang lainnya.

Itu semua makanan berat, tentu sangat lezat. Di Bali yang notabene panas dan kering karena dipenuhi pesisir pantai, enaknya menyantap yang segar-segar. Nah, ternyata beberapa daerah di Bali memiliki kuliner segar dan membuat mata terbelalak! Wah, apakah itu?

Jawabannya adalah rujak! Ya, rujak yang merupakan makanan pencuci mulut berisikan buah-buahan atau sayuran ini memang selalu menjadi favorit ketika seseorang ingin menyantap yang segar-segar.

Penasaran bagaimana rasa rujak dari Pulau Dewata? Berikut Okezone sambangi beberapa warung rujak khas Bali di wilayah Denpasar dan sekitarnya.

Warung Mei Runtu

Berlokasi di Jalan Sekuta, Sanur, warung ini khusus menjual aneka rujak khas Bali. Sebut saja rujak plecing kangkung, rujak kuah pindang gula Bali dan yang sedang hits yakni rujak rambutan.

Untuk plecing kangkung bercita rasa asin, pedas, asam dari asam jawa dan jeruk limo dan juga segar yang berasal dari kangkung dan tauge. Mau yang bercita rasa unik? Anda harus mencoba rujak kuah pindang gula Bali. Isi buahnya sama seperti rujak biasanya, ada pepaya muda, jambu, mangga, kendongdong, bengkuang, timun, dan nanas yang dipotong bergerigi.

https://www.instagram.com/p/BRChAB-hMXv/

Uniknya, kuah sambalnya berasal dari pindang ikan tongkol yang diambil airnya. Kemudian, dicampur dengan bumbu rujak terasi dan gula Bali. Rasanya? Anda akan terus menyuapi mulut karena penasaran akan rasa manis, asin, sedikit rasa ikan dan tentu saja pedas!

Lalu yang sedang hits rujak rambutan. Rambutan yang kenyal dan manis dipadukan dengan bumbu rujak gula putih yang manis, sedikit asin, kemudian asam dan pedas. Wah, rujak ini bisa membuat mata melek!

https://www.instagram.com/p/BRNbbTkhYRm/

Bagi yang suka pedas jangan khawatir, meski harga cabai sedang melonjak Anda tetap bisa memesan rujak yang sangat pedas. Range harga? Cukup merogoh kocek Rp8 ribu hingga Rp12 ribu untuk rujaknya.

Warung Sailaku

Jika ditanya apa signature menu di sini, kami menyarankan Anda untuk memesan es rujak beer.

Eits, jangan karena mendengar kata beer lantas Anda berpikir ini adalah minuman beralkohol. Menurut Agus, manajer warung yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk, Denpasar ini, dari kampung halaman sang pemilik di Singaraja, es kelapa biasa disebut dengan beer. Sehingga minuman ini sebenarnya adalah es kelapa yang dicampur dengan bumbu rujak.

Bayangkan, wilayah Denpasar dan sekitarnya yang panas, lalu Anda menyeruput segelas minuman yang menyegarkan dengan cita rasa manis, asam dan pedas. Di jamin tak cukup satu gelas! Urusan harga, segelas es rujak beer tersebut dibanderol Rp8 ribu saja.

Es bubur campur @ sailaku

A post shared by Warung Sailaku (@warung_sailaku) on

Kemudian, jika Anda mencari yang segar lagi mengenyangkan juga ada. Coba saja icip es bubur campur. Bubur sumsum dicampur dengan ketan hitam, kolak pisang dan juga mutiara lalu diguyur kuah santan dan diberikan es. Es bubur ini dihargai Rp15 ribu saja.

Dapoer Bali

Cari yang halalan toyyiban? Dapoer Bali yang berlokasi di Jalan Merdeka, Renon, Denpasar pas untuk Anda sambangi. Aneka rujaknya hanya berkisar Rp9 ribu saja. Yang paling khas adalah rujak bumbu gula Bali, sama dengan di Warung Men Runtu rujaknya berisi buah layaknya rujak seperti biasanya, kemudian dicampur dengan bumbu rujak khas gula Bali dan diberi sedikit cacahan kacang tanah.

Yang buatnya berbeda, coba santap dengan kerang bakar khas resto ini. Bawang bombaynya yang sangat meresap ke kerang lalu disantap dengan rujak. Sensasional! Untuk harga, kerang ini hanya Rp28 ribu saja.

 

Baca Juga

foto: zimbio

Martial Jadi Solusi Setan Merah

MANCHESTER, WOL – Manchester United harus kehilangan sumber gol mereka dalam diri Zlatan Ibrahimovic karena ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.