Home / Ragam / Kesehatan / Dahsyat Khasiat Lemon Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya
Istimewa

Dahsyat Khasiat Lemon Bagi Tubuh, Ini Penjelasannya

Waspada.co.id – Para penyuka pola makan sehat mungkin sudah sangat familiar dengan khasiat lemon yang dapat membantu turunnya berat badan. Tapi ternyata, lemon juga dapat melancarkan pencernaan.

Dilansir dari Reader’s Digest, Senin (13/8), lemon memiliki banyak manfaat terhadap tubuh. Apa saja manfaat-manfaat tersebut? Simak di bawah ini.

Menurunkan Berat Badan
Air lemon adalah teman baik mereka yang sedang program diet. Seorang ahli gizi dan juga penulis buku Belly Fat Diet for Dummies, Erin Palinski-Wade, mengatakan bahwa polifenol dalam lemon dapat membantu mengurangi nafsu makan. Selain itu, polifenol juga dapat mencegah naiknya berat badan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh
Vitamin C yang terdapat dalam buah sitrus seperti lemon dapat memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh. Salah satu manfaat dari air lemon adalah membantu mencegah terjadinya infeksi.

“Lingkungan asam di dalam perut berfungsi sebagai penghalang yang menghalangi patogen yang menyebabkan penyakit. Dengan menelan makanan yang sangat asam seperti jus lemon, Anda berkontribusi terhadap lingkungan asam tersebut,” kata Direktur Medis Cleveland Clinic’s Wellness Enterprise, Roxanne B. Sukol.

Menurut The Cleveland Clinic, zat kimia yang terdapat di dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrien, memiliki sifat antioksidan yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Melancarkan Pencernaan
Manfaat lain dari air lemon adalah asamnya dapat membantu mencerna makanan. Palinski-Wade berkata bahwa flavonoid sitrus dalam lemon membantu asam dalam lambung memecah makanan, yang mana dapat meningkatkan pencernaan secara keseluruhan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 30 persen pria dan wanita yang berumur lebih dari 60 tahun memiliki gastritis astrofi, suatu kondisi yang ditandai dengan sedikitnya asam lambung. Maka dari itu, asam yang terdapat air lemon sangat penting bagi orang-orang yang mengidap kondisi tersebut.

Vitamin C
Buah sitrus merupakan sumber vitamin C. menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seperempat cangkir jus lemon menghasilkan 23,6 mg vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat kuat yang membantu melindungi sel terhadap radikal bebas. Selain itu, menurut National Institutes of Health, vitamin C dapat membantu melindungi kita dari penyakit kardiovaskular dan kanker.

Lebih Muda
Sebuah penelitian dari Inggris menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan terjadinya sedikit kerutan di kulit. Palinski-Wade berkata bahwa vitamin C adalah nutrisi yang dapat melawan kerusakan radikal bebas, vitamin C juga dapat melindungi kulit karena efeknya terhadap kolagen.

Fungsi Hati
Menurut Palinski-Wade, air lemon meningkatkan hidrasi secara keseluruhan yang mana dapat membantu meningkatkan fungsi semua organ dalam tubuh termasuk hati. Ia juga mengatakan bahwa dalam penelitian terhadap hewan menemukan bahwa flavonoid sitrus dalam lemon dapat melindungi hati dari racun dan mengurangi lemak di hati.

Kadar Kalium
Tidak hanya pisang, tetapi lemon juga merupakan sumber yang baik untuk meningkatkan kadar kalium dalam tubuh.

“Kalium ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dalam jumlah besar. Kalium merupakan elemen yang sangat penting untuk fungsi sel dan metabolisme,” kata Sukol.

Batu Ginjal
Batu ginjal seringkali berkembang sebagai akibat dari dehidrasi. Maka dari itu, salah satu manfaat air lemon adalah membantu membersihkan ginjal dan mencegah terjadinya penumpukan. Sukol mengatakan bahwa beberapa batu ginjal merupakan hasil dari pengendapan garam kalsium.

Asam dari lemon dapat membantu menjaga batu agar tidak bersatu. Air beraroma lemon belum terbukti merupakan sebuah diuretik. Meningkatnya buang air kecil kemungkinan besar merupakan akibat dari meminum banyak cairan. Meski begitu, hal tersebut sangat membantu menjaga batu ginjal. (vivablog/jegulo/ags/devi)

Check Also

Setelah Makan Malam, Sebaiknya Jangan Konsumsi 7 Minuman Ini

Waspada.co.id – Di malam hari, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Minum air ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: