_
Home / Ragam / Kesehatan / Cuka Apel Bisa Cegah Jerawat Hingga Perawatan Rambut dan Kulit
Istimewa

Cuka Apel Bisa Cegah Jerawat Hingga Perawatan Rambut dan Kulit

Waspada.co.id – Cuka apel dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan tubuh. Sari buah apel yang difermentasi ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan perawatan kecantikan.

Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk rambut dan kulit, terutama kulit wajah yang mengalami jerawat. Apa saja khasiat cuka apel yang membuatnya baik untuk mengatasi jerawat? Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya, seperti dilansir StyleCraze.

1. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat

Cuka apel mengandung asam asetat, asam laktat, asam sitrat, dan asam suksinat. Dua studi terpisah yang diterbitkan dalam Applied Microbiology and Biotechnology and International Journal of Cosmetic Science mengklaim bahwa ketiga jenis asam ini dapat membunuh Propionibacterium acnes atau P. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat.

2. Membantu Mengurangi Jerawat
Studi lain yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology menemukan bukti bahwa orang yang menggunakan losion wajah dengan kandungan asam laktat mengalami pengurangan jerawat signifikan. Sementara asam laktat merupakan salah satu senyawa yang terkandung di dalam cuka apel.

3. Memudarkan Bekas Jerawat
Cuka apel dapat membantu mengurangi bercak gelap yang ditinggalkan jerawat. Cairan ini mengandung banyak senyawa organik yang berguna untuk membantu proses pemulihan kulit.

Asam suksinat di dalam cuka apel akan membantu proses pengelupasan kulit mati sekaligus meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat, dengan demikian jaringan parut tidak akan terbentuk. Sementara itu, asam laktat akan memperbaiki kondisi kulit orang yang menderita jerawat.

Demikian aneka manfaat yang terkandung di dalam cuka apel untuk melawan dan menyembuhkan jerawat. Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai pengganti toner wajah. Jika kulit Anda tergolong sensitif, larutkan cuka apel dengan sedikit air agar tidak terasa pedih di kulit. (mer/data2)

Check Also

Bahan Alami yang Dapat Menjaga Wajah Kamu

WOL – Khawatir tentang ruam dan masalah pada kulit? Anda dapat merawatnya dengan bahan – ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: