Newsticker
WOL / Ragam / Kesehatan / Ciri-Ciri Serangan Jantung Tak Cuma Nyeri Dada
(Foto: Belgievandaag)
(Foto: Belgievandaag)

Ciri-Ciri Serangan Jantung Tak Cuma Nyeri Dada

agregasi
agregasi

 

ORANG hanya mengira jika serangan jantung terjadi dengan ditandai gejala nyeri dada yang menyakitkan. Padahal belum tentu, bahkan ada gejala lain yang harus Anda kenali.

Ahli Jantung dari RS Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta dr Renan Sukmawan ST PhD SpJP(K), MARS, FIHA, FACC, menjelaskan, setiap orang wajib tahu faktor risiko pemicu penyakit jantung.

“Enggak semua sakit dada itu serangan jantung. Memang salah satu tanda khas itu nyeri dada, tapi ternyata bisa dari nyeri ulu hati yang disertai demam, berkeringat, atau seperti rasa ditindih,” kata dr Renan saat ditemui di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 21 April 2017.

Tapi kerap orang mengira nyeri ulu hati itu termasuk gejala maag. Waspadai hal ini, karena bisa berbahaya bagi nyawa Anda bila tak segera mendapatkan pertolongan.

Jika mendapatkan serangan jantung, sebaiknya tidak dibuat panik. Sebagai pertolongan pertama, pasien bisa meminum obat aspirin yang tersedia di rumah.

“Benar, kalau pasien jantung sedia obat aspirin di rumah. Biar kalau mengalami serangan mendapatkan pertolongan pertama. Setelah itu, baru datang ke dokter,” katanya.

dr Renan menyarankan, setiap orang dengan faktor risiko penyakit jantung diminta untuk mewaspadai gejalanya. Sebelum terjadi serangan, sebaiknya Anda melakukan deteksi dini sejak usia di bawah 30 tahun.

Beragam faktor risikonya, dijelaskan dr Renan, seperti merokok, punya garis keturunan keluarga dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, kolesterol tinggi, hingga hipertensi.

“Setiap tahun, orang-orang dengan risiko penyakit jantung harus deteksi dini. Minimal harus melakukan treadmill atau tes EKG jantung untuk mencegah penyakit jantung yang fatal,” tutupnya.

Baca Juga

WOL Photo/lihavez

Peras Siswa, Preman Ini Dijebloskan ke Penjara

MEDAN, WOL – Hendra Utama (28) warga Jalan Gaharu, Komplek PTPN IX, Kecamatan Medan Timur ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.