Home / Ragam / Kesehatan / Ciptakan Koyo Biji Pala Atasi Insomnia, Susana Raih Gelar Doktor
foto: www.ui.ac.id

Ciptakan Koyo Biji Pala Atasi Insomnia, Susana Raih Gelar Doktor

DEPOK, Waspada.co.id – Susana Elya Sudradjat dalam disertasinya yang berjudul “Formulasi, Uji Penetrasi dan Farmakokinetik Patch Gel Etosom Miristin dari Biji Pala (Myristica Fragnans Houtt)” memberikan solusi terhadap permasalahan gangguan sukar tidur (insomnia). Yakni, melalui pemanfaatan biji pala.

(ilustrasi)

“Permasalahan berawal dari penduduk Indonesia yang masih banyak terkena insomnia, dan biasanya mengonsumsi obat sintetis yang mengandung efek samping. Oleh karena itu, penggunaan biji pala dapat menjadi opsi baru,” ucap Susana saat ditemui setelah sidang, seperti dilansir situs Universitas Indonesia, Jumat (20/7).

Melalui hasil disertasinya, Susana menemukan cara yang tepat untuk mengolah pala dan mengisolasi kandungan bahan miristisin murni sekaligus mengubah stigma terhadap biji pala yang berbahaya.

“Di dalam biji pala mengandung sekitar 50 bahan adiktif yang berbahaya, nah kalau untuk obat harus diisolasi dulu secara bertingkat agar dapat memisahkan bahan-bahan berbahaya lain dan hanya mengambil ekstrak miristisin yang murni,” ucap perempuan kelahiran Bandung.

Cara Susana untuk mengisolasi miristisin terhadap bahan lainnya dilakukan dengan metode yang sederhana, yaitu dengan menggunakan proses penyulingan tiga tingkat. Hasilnya, didapatkan kadar miristisin sebesar 83,45% sebanyak 4,7% tanpa mengandung bahan yang berbahaya untuk dijadikan bahan baku obat.

Uniknya dari penemuan tersebut, Susana berusaha menggunakan media patch gel (layaknya seperti koyo tempel) sebagai medium alternatif untuk mengantarkan khasiat miristisin kepada para penderita insomnia.

“Dengan media patch gel, dapat memiliki keuntungan bagi para penderita yang sedang sakit, koma, atau sedang berpuasa ataupun pasien yang tidak dapat mengonsumsi obat dalam bentuk sintetis ya tinggal tempel saja untuk menghilangkan rasa sakitnya”, tutup Susana.

Atas penelitian tersebut, Susana berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam sidang promosi doktor, Senin, (16/7) di ruang Sidang Fakultas Farmasi Kampus UI Depok. (wol/data2)

Check Also

Telkomsel Umumkan 10 Peserta Terbaik IndonesiaNEXT

BANDUNG, WOL – Telkomsel mengumumkan 10 peserta terbaik IndonesiaNEXT 2017, yakni Alexander Tianara, Angela Belinda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: