_
Home / Ragam / Gaya Hidup / Cintai Produk Indonesia dengan Meriahkan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017
Muslim Fashion Festival 2017 (foto: silvia/okezone)

Cintai Produk Indonesia dengan Meriahkan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2017

agregasi
agregasi

 

INDUSTRI busana muslim atau biasa disebut modest fashion memang sedang menggeliat di tanah air.  Beberapa tahun terakhir banyak desainer dan brand lokal bermunculan memeriahkan industri busana muslim. Pasar busana muslim sebenarnya tak hanya laku di tanah air saja, pasar internasional menjadi incaran para desainer busana muslim lokal seiring dengan permintaan akan produk karya Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan menurut data yang dihimpun oleh Kementrian Perdagangan menyebutkan pada tahun 2011-2015 nilai ekspor busana muslim menunjukkan kenaikan sebesar 8,15 persen. 2015 saja volume ekspor busana muslim mencapai 4,57 miliar USD. Per Mei 2016 lalu nilai ekspor sebesar 1,7 miliar USD diapresiasi penuh oleh negara tujuan seperti Jepang, Amerika Serikat, Korea Selatan, Jerman, Inggris, Australia, Kanada, Uni Emirat Arab, Belgia dan China.

Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam menjadi pangsa pasar terbesar no 5 di dunia setelah Turki, UAE, Nigeria dan Arab Saudi. 3 kekuatan utama yang dimiliki Indonesia adalah sumber daya alam, budaya dan kreatifitas masyarakatnya, membuat negara kita memiliki potensi besar untuk memberdayakan produk busana muslim dalam negeri karya anak bangsa sendiri. Untuk kemudian mampu menguasai pasar internasional. Terbukti dengan karya-karya desainer Indonesia selalu menjadi acuan tren busana muslim di negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Selaras dengan tujuan tersebut Indonesian Fashion Chamber (IFC) sebagai asosiasi perancang busana Indonesia menyelenggarakan gelaran fashion show busana muslim terbesar yaitu Muslim Fashion Festival (MUFFEST) untuk kedua kalinya pada 6-9 April 2017 mendatang di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Dalam acara MUFFEST tersebut akan digelar rangkaian fashion show yang menampilkan keragaman karya desainer dari aneka label busana muslim di Indonesia sesuai tren fashion muslim terkini 2017/2018. Tak kurang dari 250 label fashion muslim akan memeriahkan acara ini untuk meraih pangsa pasar lokal dan internasional yang lebih luas lagi.

(foto: silvia/okezone)

“Melalui Muslin Fashion Festival Indonesia diharapkan semua pihak dapat saling terintegrasi untuk menjadi komunikasi dan koordinasi yang sinergis dalam menciptakan kerjasama efektif dan berkelanjutan, diantaranya menyiapkan pelaku industri, memperkuat stategi terarah dan menggelar event fashion muslim bertaraf internasional” papar Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC)