Home / Ragam / Kesehatan / Cegah Kebotakan Dengan 5 Makanan Ini
Ilustrasi (Ist)

Cegah Kebotakan Dengan 5 Makanan Ini

Waspada.co.id – Seiring gaya hidup yang kurang tepat, rambut bisa mengalami kerontokan bahkan mengarah pada kebotakan.

Selain karena perawatan yang kurang, terpapar matahari langsung dan polusi juga kerap menjadi alasan rambut jadi rapuh. Oleh karenanya, selain merawat rambut, seseorang dapat menyiasatinya dengan mengubah pola makan termasuk memberikan asupan nutrisi yang baik untuk rambut agar terhindar dari kebotakan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut lima makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kebotakan.

1. Daging merah
“Ferritin (protein penyimpan zat besi) diperlukan untuk memproduksi protein sel rambut. Kekurangan ferritin umumnya mneignkatkan kerontokan rambut dan memperpendek anagen atau fase pertumbuhan rambut dari siklus pertumbuhan rambut,” kata Anabel Kingsley, trichologist dikutip dari Daily Star.

Penting untuk menambah asupan ferritin beserta zat besi dengan konsumsi daging merah. Anabel menyarankan untuk mengonsumsi daging merah seminggu dua kali.

2. Kerang
Kerang adalah salah satu sumber pangan yang kaya akan selenium. Elemen ini membantu tubuh untuk membentuk selenoprotein. Selenoprotein berguna untuk mengatur reproduksi, metabolisme, sintesis DNA, dan imunitas. Dilansir dari Business Insider, selenium juga berfungsi untuk menstimulasi folikel rambut agar mendorong pertumbuhan rambut baru.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan kaya akan zat besi, magnesium serta protein. Dokter sekaligus praktisi pengembalian rambut Alan Bauman menuturkan rambut yang kekurangan protein membuat rambut beruban. Kekurangan protein juga mengakibatkan kebotakan.

Selain protein, magnesium juga berperan dalam pertumbuhan rambut. Ahli gizi Rania Batayneh mengingatkan bahwa kekurangan magnesium berhubungan dengan kerontokan rambut pada pria maupun wanita.

4. Tuna
Tuna kaya akan kandungan omega 3. Ia baik untuk perkembangan otak dan juga baik untuk pertumbuhan rambut. Rania menjelaskan omega 3 mampu menutrisi batang rambut dan membran sel pada kulit kepala sehingga rambut menjadi sehat.

Omega 3 juga menjaga elastisitas rambut dan mencegah kerapuhan rambut akibat pengeringan. Selain tuna, orang dapat memperoleh omega 3 dari salmon, kale, kecambah dan flax seed.

5. Bayam dan brokoli
Demi mencegah kebotakan, seseorang perlu menambah asupan sayuran seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini mengandung vitamin A dan C. Kedua vitamin ini berperan dalam pembentukan minyak alami rambut yang menjaga rambut agar tak mudah patah.

Vitamin C meningkatkan kadar zat besi dalam darah sehingga kulit kepala bisa memanfaatkannya. Rania menambahkan vitamin A bagus untuk kulit kepala. Selain brokoli dan bayam, kentang dan labu juga bisa jadi pilihan. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

Ini Akibatnya Terlalu Sering Memakai Dry Shampoo

WOL – Dry shampoo adalah sahabat wanita ketika mereka sedang mengalami bad hair day namun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: