Home / Ragam / Kesehatan / Cegah Kanker dengan Rutin Mengonsumsi 4 Jenis Makanan Ini
Ilustrasi (Foto: Draxe)

Cegah Kanker dengan Rutin Mengonsumsi 4 Jenis Makanan Ini

agregasi

 

KANKER adalah penyakit sistemik yang disebabkan oleh sejumlah faktor. Beberapa di antaranya termasuk diet yang buruk, defisiensi nutrisi, atau dalam beberapa kasus karena masalah genetik.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah atau mengobati kanker adalah dengan mengonsumsi makanan padat nutrisi, serta menghindari hal-hal yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker. Berikut 4 jenis makanan yang dipercaya ampuh dapat mencegah kanker, sebagaimana dilansir dari Draxe, Jumat (13/7/2018).

Rempah-rempah

Tidak banyak yang tahu bahwa tanaman rempah-rempah seperti kunyit merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan dalam diet kanker, karena terbukti dapat menurunkan ukuran tumor dan melawan kanker usus besar dan payudara. Selain kunyit, lada hitam, bawang putih, cabai rawit, oregano, peterseli, dan daun basil juga dipercaya dapat melawan peradangan, mencegah virus-virus penyebab kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

rempah-rempah

Buah beri

The ORAC melaporkan, semua jenis buah beri memiliki kandungan antioksidan paling tinggi di antara jenis makanan lainnya. Kandungan antioksidan ini merupakan nutrisi yang sangat penting untuk pencegahan kanker. Selain itu, beberapa jenis buah beri seperti blueberi, stroberi, ceri, goji beri, dan blackberi juga dikemas dengan beragam vitamin dan nutrisi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan menurut sejarah, buah beri telah digunakan dalam pengobatan tradisional China sejak 200 SM. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk bubuk atau yang sudah dikeringkan.

Berries

Daging organik

Daging organik seperti hati sapi atau hati ayam sangat direkomendasikan para ahli, karena berkhasiat untuk melawan kanker. Keduanya juga memiliki kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi. Mengonsumsi daging organic juga dipercaya dapat membersihkan hati dan meningkatka kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun dari darah serta saluran pencernaan.

daging organik

Sayuran berdaun hijau

Makanan yang satu ini dipercaya dapat mencega kanker karena kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, enzim, dan nutrisi baik lainnya. Sayuran berdaun hijau juga memiliki kandongan, kalori, lemak, dan sodium yang cenderung rendah, sehingga membantu Anda menjaga berat badan. Beberapa jenis sayuran hijau yang bisa Anda konsumsi secara rutin yakni, bayam, kangkung, dan selada air.

sayuran berdaun hijau

Check Also

Hebat! Mahasiswa Ini Olah Kulit Jeruk dan Daun Teh Jadi Obat Kanker

Waspada.co.id – Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian tinggi perempuan di Indonesia bahkan dunia. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: