Home / Ragam / Kesehatan / Cara Menghilangkan Nyeri Haid
Ilustrasi

Cara Menghilangkan Nyeri Haid

WOL – Satu hal yang sering jadi momok paling menakutkan wanita saat haid: perut kram dan terasa nyeri. Saat haid, sebagian wanita bisa merasakan sakit di area bawah perut yang sangat menyiksa. Hal ini pun berakibat jadi membuat kita makin susah untuk beraktivitas seperti biasa.

Kalau sakitnya tak tertahankan memang sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter. Tapi selain itu, ada sejumlah tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan agar tak dilanda kram perut saat haid. Dilansir dari ubykotex.com, berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu coba untuk mencegah nyeri haid.

Minum Obat Ibuprofen
Kalau kamu sering mengalami nyeri haid atau kram perut setiap kali haid, kamu bisa coba mencegahnya dengan minum tablet ibuprofen. Ibuprofen merupakan salah satu jenis obat yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri yang ringan.

Biasanya digunakan untuk meredakan sejumlah keluhan seperti sakit gigi, nyeri haid, dan nyeri pada otot. Sehari atau dua hari sebelum haid, kamu bisa minum tablet ibuprofen ini. Tapi sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu, ya Ladies. Agar kamu bisa mendapat dosis yang tepat dan menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Berendam Air Hangat
Salah satu cara untuk mencegah nyeri haid adalah dengan merilekskan diri. Kamu bisa coba berendam di air hangat atau menggunakan kompres air hangat untuk dipakai di area perutmu.

Lepaskan Stresmu
Coba alihkan perhatianmu untuk melakukan hal-hal lain. Penting untuk membuat dirimu lepas dari stres saat akan haid. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dari melakukan meditasi, yoga, atau sekadar menonton film favoritmu. Meski mungkin susah untuk menstabilkan emosi ketika akan haid, tapi selalu cobalah untuk mengkondisikan dirimu dalam keadaan bahagia. Jangan terus-terusan bete atau bad mood.

Kurangi Konsumsi Gula dan Garam Berlebih
Tak bisa dipungkiri bahwa ketika akan haid, biasanya kita akan ngemil terus. Rasanya mulut tak bisa berhenti makan. Tapi hati-hati, Ladies. Konsumsi gula dan garam berlebih malah bisa memperburuk kondisimu. Menjelang haid, jagalah kondisi tubuhmu. Jangan sampai dehidrasi dan konsumsi makanan sehat. Minum air putih hangat atau segelas teh hangat bisa bantu menjaga kebugaran tubuhmu.

Empat tips di atas pada dasarnya adalah pertolongan pertama untuk mencegah dirimu mengalami nyeri haid. Kalau nyeri haid yang kamu rasa tetap parah dan makin menjadi, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, ya. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, Ladies! (vemale/nia/data1)

Check Also

Mengapa saat Menguap Kita Mengeluarkan Air Mata? Ini Penjelasan Ilmiahnya

  RASA kantuk yang begitu kuat biasanya menyebabkan Anda menguap. Semakin mengantuk, maka intensitas menguap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: